Manajemen Kepemimpinan Dan Kemampuan Berkomunikasi Kepala Sekolah Pada Kinerja Pendidik

Main Article Content

Abdul Rahmat
Syaiful Kadir

Abstract

Abstract

This research aims at ascertaining: (1) correlation between principal’s leadership and teachers’ performance, (2) correlation between principal’s communication capability and teachers’ performance, and (3) principal’s leadership and communication capability with teachers’ performance. Population of this research is 50 teachers. Sample of this research is all of members of population consisting 50 teachers (using total sampling technique). Data collecting is conducted by distributing questionaire to all respondents. Data analysis is done quantitaively by using statistical procedure with regression formula (Product Moment). Correlations Coefficients obtained from the result of testing hypothesis shows that: (1) hypothesis 1 is accepted, meaning that there are positive correlation between principal’s leadership and teachers’ performance, with correlations coefficients rxy = 0,64, categorized into significant correlation; (2) hypothesis 2 is accepted, meaning that there are positive correlation between principal’s communication capability and teachers’ performance, with correlations coefficients rxy = 0,78, categorized into significant correlation; and (3) hypothesis 3 is accepted, meaning that there are simultanously positive correlations among principal’s leadership and principal’s communication capability with teachers’ performance, with correlations coefficients ry.12= 0,86, categorized into very significant correlation.      

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja pendidik, (2) hubungan  kemampuan berkomunikasi kepala sekolah dengan kinerja pendidik, dan (3) hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan kemampuan berkomunikasi kepala sekolah dengan kinerja pendidik. Populasi penelitian ini sejumlah 50 orang. Sampel penelitian adalah sejumlah 50 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan uji statistik menggunakan rumus perhitungan regresi linier dan regresi berganda. Correlations Coefficients dari perhitungan statistik menunjukkan bahwa: (1) hipotesis pertama diterima, artinya terdapat hubungan hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja pendidik, dengan hasil koefisien korelasi rxy = 0,64, dengan bentuk hubungan kuat; (2) hipotesis kedua diterima, artinya terdapat hubungan kemampuan berkomunikasi kepala sekolah dan kinerja pendidik, dengan hasil koefisien korelasi rxy = 0,78, dengan bentuk hubungan kuat; dan (3) hipotesis ketiga diterima, artinya terdapat hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan kemampuan berkomunikasi kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja pendidik dengan hasil koefisien korelasi ry.12= 0,86, dengan bentuk hubungan sangat kuat/tinggi.    

Article Details

How to Cite
Rahmat, A., & Kadir, S. (2017). Manajemen Kepemimpinan Dan Kemampuan Berkomunikasi Kepala Sekolah Pada Kinerja Pendidik. Jurnal Komunikasi, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.24912/jk.v8i1.43
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Supervisi. Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Cassandra Pehrson, Smita C. Banerjee. 2016, “Responding empathically to patients: Development, implementation, and evaluation of a communication skills training module for oncology nurses.” Journal. Patient Education and Counseling Volume 99, Issue 4, Januari 2016, Pages 610–616. Diakses Februari 2016

Daryanto, H.M. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, Sudarwan. 2012. Otonomi Manajemen Sekolah. Bandung: Penerbit ALFABETA

Handoko, Hani. 2011. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Hunger, David.J and Wheelen, Thomas L. 1996. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Hasibuan, Malayu S. 2009. Manajemen. Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara

Mahmud, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2010. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama

Mantja, W. 2003. Etnografi. Desain penelitian Kualitatif dan Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media

Moeheriono. 2014. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Peraturan Menteri pendidikan nasional Republik indonesia Nomor 13 ahun 2007 Tentang Standar kepala sekolah/madrasah

Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Riduwan & Akdon. 2010. Rumus dan Data dalam Analisa Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Robbins, Stephen P. 1994. Teori Organisasi. Struktur, Desain dan Aplikasi. Terjemahan. Jakarta: Penerbit Arcan

Rohim, Syaiful H. 2009. Teori Komunikasi. Perspektif, Ragam dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sallis, Edward. 2012. Total Quality Management in Education. Yogyakarta: IRCiSoD

Sudjiono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tubbs, Stewart L. & Moss, Sylvia. 2006. Human Communication. UK: Alphabetica, Co.Ltd.

Yudiaatmaja, Fridayana. 2013. Analisis Regresi dengan Menggunakan Aplikasi Komputer Statistik SPSS. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.