War As Entertainment: Cermatan Terhadap Pemberitaan Isu Teror Dalam New Media

Main Article Content

M Fikri AR

Abstract

Abstract:

This paper tries to analyze the news about terror issues which released in online news media as a type of new media. The numbers of this news release in olnline news media are abundant and be a general phenomena in the public. For that reason I called “War as Entertainment” phenomena. From my point of view, there is some problem need to clear up, such as the process of reality that constructed by journalist that works in mass media industries. Is they influence by market, profit, or ideological motive that spread in news media? These papers explain that complexities in five parts. From introduction, then the process of construction of reality in media, definition of war as entertainment, developing theory of message, and conclusions that try to connected to the main problem.

Abstrak:

Tulisan ini berupaya menganalisis berita tentang isu teror yang dimediasikan media berita online sebagai salah satu tipe new media. Jumlah informasi itu menunjukkan begitu melimpahnya berita yang tersaji, hingga menjadi semacam fenomena umum yang mudah diketahui publik. Berlandaskan hal itu, fenomena itu bisa disebut “War as Entertainment”. Namun demikian, ada beberapa hal mendasar yang perlu dijernihkan lebih jauh. Seperti proses konstruksi realitas dalam new media, dimana wartawan sebagai pekerja media merupakan aktor yang aktif membuat berita ke tengah khalayaknya. Pertanyaannya yakni apakah proses konstruksi realitas itu dipengaruhi market, laba, atau motif penyebaran ideologi tertentu? Tulisan ini berupaya mengurai kompleksitas itu ke dalam lima bagian konseptual yang memiliki keterkaitan. Pertama, pendahuluan. Kedua, proses konstruksi realitas dalam media. Ketiga, pengertian war as entertainment. Keempat, pengembangan teori pesan. Kelima, pernyataan spesifik yang berupaya menghubungkan semua bagian dalam sebuah simpulan.

 

Article Details

How to Cite
AR, M. F. (2016). War As Entertainment: Cermatan Terhadap Pemberitaan Isu Teror Dalam New Media. Jurnal Komunikasi, 6(3), 74–84. https://doi.org/10.24912/jk.v6i3.41
Section
Articles
Author Biography

M Fikri AR, Universitas Brawijaya Malang

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 

References

Berger, Peter L dan Thomas Luckmann. (1990). Tafsir Sosial atas Kenyataan: Sebuah Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan. Jakarta: LP3ES.

Cappella, Joseph N dan Kathleen Hall Jamieson. (1997). Spiral of Cynicism: The Press and The Public Good. New York: Oxford University Press.

Croteau, David dan William Hoynes. (2001). The Business of Media: Corporate Media and The Public Interest. California: Sage Publications.

Fairclough, Norman. (1995). Media Discourse. London: Edward Arnold.

Hamad, Ibnu. (2010). Komunikasi Sebagai Wacana. Jakarta: La Tofi Enterprise. Harsono. Andreas. (2010). Agama Saya Adalah Jurnalisme. Yogyakarta: Kanisius. Hidayat, Dedy N. (2001). “Pengantar”, dalam Eriyanto. Analisis Wacana Pengantar

Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.

Jatmika, Aningtias. (2014). ‘Zona Tempur ISIS Jadi Obyek Wisata Perang.’ Terarsip

di http://www.tempo.co/read/news/2014/10/08/115612815 /Zona-Tempur-

ISIS-Jadi-Obyek-Wisata-Perang dan diakses tanggal 5 November 2014. Jewkes, Yvonne. (2011). Media & Crime: Key Approaches to Criminology. California:

Sage Publications.

Littlejohn, Stephen W. (2005). Theories of Human Communication (Eighth Edition). California: Wadsworth Publishing.

Mosco, Vincent. (2009). The Political Economy of Communication. California: Sage Publications.

Pavlik, John V. (2001). Journalism and New Media. New York: Columbia University Press.

Rakhmat, Jalaluddin. (2002). Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rogers, Everett M. (1986). Communication Technology: The New Media In Society. New York: The Free Press.

Salwen, Michael B. (2005). Online News Trend. Dalam Michael B. Salwen, Bruce Garrison dan Paul D. Driscoll (eds). Online News and the Public. New Jersey: Lawrence Erlbaum Avenue Publishers.

Yulianto, Tri. (2014). ‘Di Irak, ISIS Semula Dikira Al Qaeda.’ Terarsip di http://lampung.tribunnews.com/2014/09/16/di-irak-isis-semula-dikira-al- qaeda dan diakses tanggal 5 November 2014.

Thussu, Daya Kishan. (2007). News as Entertaintment: The Rise of Global Infotainment. California: Sage Publications.

Willis, Jim. (2010). The Mind of a Journalist: How Reporters View Themselves, Their World and Their Craft. California: Sage Publications.