Analisis Penggunaan Twitter Sebagai Media Komunikasi Selebritis Di Jakarta
Main Article Content
Abstract
Abstract:
This study discusses the use of twitter as a medium of communication that do celebrities in Jakarta, Indra Aziz, Pongki Barata and kerispatih. The support of the fans means a lot to all three top celebrities in order to continue working in the entertainment industry. Communication is the key to self-publish to the public in order to gain support for their new works. Twitter is one of the medium used to communicate with fans. Therefore the aim of this study was to determine the reason and purpose of twitter as a communication media celebrities. This research uses descriptive qualitative research method, using mass communication theory, uses and gratification models, new media, social media celebrities and theories of Public Relations on the Internet. The results of the analysis showed that the reason Indra Aziz, Pongki Barata and Kerispatih chose twitter as penggunaannnya easier when compared to other social media. The use of twitter is considered very effective because the celebrities can convey all the information they want to convey to the people, especially their fans, in a wide range of deployment messages with easy and fast.
Abstrak:
Penelitian ini membahas penggunaan twitter sebagai media komunikasi yang dilakukan selebritis di Jakarta yaitu Indra Aziz, Pongki Barata dan kerispatih. Dukungan dari penggemar amat berarti bagi ketiga selebritis di atas agar dapat terus berkarya di industri hiburan. Komunikasi menjadi kunci untuk mempublikasikan diri kepada masyarakat guna meraih dukungan terhadap karya karya mereka. Twitter merupakan salah satu media yang digunakan untuk berkomunikasi dengan penggemar. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan serta kegunaan twitter sebagai media komunikasi selebritis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teori komunikasi massa, uses and gratification model, new media, media sosial selebritis dan teori Public Relations on Internet. Hasil analisis menunjukan bahwa alasan Indra Aziz, Pongki Barata dan Kerispatih memilih twitter karena penggunaannnya lebih mudah jika dibandingkan dengan media sosial lainnya. Penggunaan twitter dinilai sangat efektif karena para selebritis dapat menyampaikan segala informasi yang ingin mereka sampaikan kepada masyarakat, khususnya penggemar mereka, dalam jangkauan penyebaran pesan yang luas dengan mudah dan cepat.
Article Details
References
Brown, Rob. 2009. Public Relations and The Social Web. London:Kogan Page
Bungin,Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif.Jakarta : Kencana.
Cangara,Hafied. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT.Raja Garfindo
Persada
Cutlip,Scott M et al. 2006. Effective Public Relations. Jakarta : Kencana.
Daymond, Christine & Holloway,Immy. 2008. Metode-Metode Riset Kualitatif
dalam
Public Relations dan Marketing Communications. Yogyakarta : PT.Bentang
Pustaka
Fakhrurroja, Hanif & Munandar,Aris.2009. Twitter : Ngoceh Dapet Duit. Yogyakarta
:Great
Publisher
Herdiansyah, H. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Ilmu Sosial.
Jakarta. Salemba
Humanika
MADCOMS.2010. Facebook, Twitter dan Plurk dalam Satu Genggaman.
Yogyakarta: Penerbit
ANDI
Moleong, Lexy J.2007. Metode Penelitian Kualitatif edisi Revisi. Bandung :
PT.Remaja
Rosdakarya
Mulyana, Deddy. 2006. Metodelogi Penelitian Kualitatif:Paradigma Baru Ilmu
Komunikasi
Dan Ilmu Sosial lainnya. Bandung: Rosda Karya.
Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ruslan, Rosady. 2008. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi.
Jakarta : PT.
Rajawali Pers.
Shimp,Terence A. 2003. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi
Pemasaran
Terpadu,Edisi 5, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Tamburaka,Apriadi. 2013. Literasi Media : Cerdas Bermedia Khalayak Media
Massa.
Jakarta : PT. Rajawali Pers.
Vivian,John. 2008. Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Kencana.
West, Richard dan turner,Lynn H. 2009. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis
dan
Aplikasi. Salemba Humanikas.
Zarrela,Dan. 2010. The Social Media Marketing Book. Jakarta :PT.Serambi Ilmu
Semesta
Anggota IKAPI.