Teknologi Komunikasi Informasi Untuk Peningkatan Kesadaran Publik Pada Organisasi Sosial

Diah Ayu Candraningrum
| Abstract views: 331 | views: 392

Abstract

In today's digital era, the need for social media use to achieve goals must be understood, no exception for social organizations. One of them is the Breastfeeding Mothers Association (AIMI), West Sumatra Province. The AIMI branch of the City of Padang also has to socialize the campaign program and policies of its parent organization. But the problem faced is that not all members understand the use of social media to disseminate information and gain public sympathy. Therefore, the problem raised in this research is how the use of AIMI's West Sumatra social media as part of its personal branding strategy, to increase public brand awareness. The theory used is the Personal Branding Theory. The research itself was conducted through a descriptive qualitative research approach with interview techniques, combined with data collection by distributing e-questionnaires to 20 AIMI Padang members and 5 external parties. The result, it is known that the level of understanding of AIMI members in the use of social media to increase public awareness is still lacking, so that an understanding of the use of comprehensive information communication technology is needed.

 

Di era digital saat ini, kebutuhan akan penggunaan media sosial untuk mencapai tujuan harus dipahami caranya, tak terkecuali bagi organisasi sosial. Salah satunya Asosiasi Ibu Menyusui (AIMI) Provinsi Sumatra Barat. AIMI cabang Kota Padang juga harus mensosialisasikan program kampanye dan kebijakan induk organisasinya. Namun permasalahan yang dihadapi adalah bahwa tak semua anggotanya memahami penggunaan media sosial untuk menyebarkan informasi dan meraih simpati publik. Karena itu, permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media sosial milik AIMI Sumatra Barat sebagai bagian dari strategi personal branding–nya, untuk meningkatkan brand awareness masyarakat. Teori yang digunakan adalah Teori Personal Branding. Penelitian ini sendiri dilakukan lewat pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik wawancara, dikombinasikan dengan pengumpulan data dengan pembagian e-kuesioner kepada 20 orang anggota AIMI Padang dan 5 orang dari pihak eksternal. Hasilnya, diketahui bahwa tingkat pemahaman anggota AIMI dalam penggunaan media sosial untuk peningkatan kesadaran publik masih kurang, sehingga diperlukan pemahaman tentang penggunaan teknologi komunikasi informasi yang komprehensif.  

Keywords

brand awareness; personal branding; social media; media sosial

Full Text:

PDF

References

AIMI. (n.d.). Organisasi AIMI. Oktober 18, 2018. https://aimi-asi.org/organisasi.

BBC. (2015). Menyusui merupakan sebuah 'perjuangan' bagi perempuan. Oktober 30, 2018. BBC Online. https://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/03/150319_majalah_menyusui

Haroen, D. (2012). Personal Branding: Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hartoyo, D. S. Nunik Maharani. (2015). Aktivisme Sosial Melalui Penggunaan Media Sosial: Studi Kasus Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI). Jurnal Kajian Komunikasi, Vol. 3, No. 1, Hal 1-11.

Faizal, AM. (2015). Gambaran Penggunaan Media dan Pendidikan Literasi Media Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Psikologi dan Media, Unibraw Malang, Semarang.

Kinanti, Syafira Putri., & Putri, Berlian Primadani Satria. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram @Zapcoid Terhadap Brand Equity Zap Clinic. Jurnal Komunikasi, Vol. 9, No.1, Hal. 53-64. https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/164/643

Kusuma, Hendra. (2018). Pengangguran RI 6,87 Juta Orang, Paling Banyak Lulusan SMK. September 07, 2018. Detik Online. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4009017/pengangguran-ri-687-juta-orang-paling-banyak-lulusan-smk.

Kotler, P. (2013). Marketing Management, 10th ed. New Jersey: Prentice Hall International.

Kriyantono, R. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nasrullah, Rulli (2017). Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Edisi ketiga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Windratie, “CNN Indonesia.” CNN Indonesia, 29 OKtober 2015. Available: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20151029125442-255-88143/depresi-pasca-melahirkan-sebabkan-nyeri-menyusui. (Diakses 30 Oktober 2018]

Copyright (c) 2018 Jurnal Komunikasi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.