Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement

Main Article Content

Nigar Pandrianto
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

The use of social media as an alternative medium to communicate marketing messages is increasingly massive. In the landscape of the contemporary marketing industry that is commonly called content marketing. But the use of this medium is not always use the right strategy. The strategy in this context is content strategy. The result, this process does not show the expected results. One of them is that there is no significant brand awareness among audiences. Even though the use of marketing content appropriately can produce a very obvious engagament brand. Therefore it is always interesting to observe the content strategy used by a brand, then see if the strategy used is appropriate to the intended goal or not. Likewise with the marketing activities that Pasar Papringan tries to do through the Instagram account @PasarPapringan. In this study the author will examine the marketing content of social media Instagram accounts Pasar Papringan. The research method used in this study is qualitative research. Meanwhile, the type of research used in this study is descriptive research that systematically describes facts or characteristics of certain populations in a factual and careful manner. From here the author will see whether the social media marketing content has been produced according to its purpose or not. The results of the study show that the content strategy chosen by the Pasar Papringan account is informative only, and this not relevant to the audience. The relevance of the content will be obtained if Pasar Papringan does a deeper profiling to the audience and explore themes that are relevant to the Pasar Papringan itself, like culinary, culture, dan peoples around Pasar Papringan.

 

Pemanfaatan media sosial sebagai medium alternatif untuk mengomunikasikan pesan-pesan pemasaran semakin masif. Dalam lanskap industri marketing kontemporer ini yang lazim disebut konten marketing. Namun pemanfaatan medium ini tidak selalu dibarengi pemilihan strategi yang tepat. Strategi yang dimaksud adalah strategi konten. Akibatnya komunikasi yang dilakukan tidak memperlihatkan hasil yang memuaskan. Salah satunya adalah tidak terlihatnya brand engagament secara signifikan. Padahal pemanfaatan konten marketing secara tepat dapat menghasilkan brand engagament yang sangat kentara. Oleh sebab itu selalu menarik untuk mengamati strategi konten yang digunakan oleh sebuah brand, lalu melihat apakah startegi yang digunakan telah sesuai atau tepat denga tujuan yang diharapkan. Begitu juga dengan aktivitas marketing yang dicoba dilakukan oleh Pasar Papringan melalui akun Instagram @PasarPapringan. Dalam penelitian ini penulis akan meneliti konten marketing media sosial akun Instagram Pasar Papringan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang sifatnya deskriptif yang menggambarkan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu secara faktual dan cermat. Dari sini penulis akan melihat apakah konten marketing media sosial tersebut telah diproduksi sesuai tujuannya atau belum. Hasil penelitian memperlihatkan strategi konten yang dipilih oleh akun Pasar Papringan masih bersifat informatif, dan belum relevan dengan audiens. Relevansi konten akan diperoleh jika Pasar Papringan dapat melihat lebih dalam profil audiens dan mengeksplorasi tema-tema yang relevan dengan Pasar Papringan itu sendiri, seperti kuliner, kebudayaan, orang-orang yang ada di seputar Pasar Papringan.

Article Details

How to Cite
Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167–176. https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.2619
Section
Articles
Author Biographies

Nigar Pandrianto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ahmad, N. S., Musa, R., Harris, M., & Harun, M. (2016). The ?mpact of Social Media Content Marketing (SMCM) towards brand health. Procedia Economics and Finance, Volume 37, Halaman 331-336

Bohang, Fatimah Kartini. (2018). Juni 2018, Pengguna Aktif Instagram Tembus 1 Miliar. Desember 20, 2018. Kompas Online. https://tekno.kompas.com/read/2018/06/21/10280037/juni-2018-pengguna-aktif-instagram-tembus-1-miliar.

Cangara, Hafied. (2017). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta : Rajawali Press.

Gamble, Stephen. (2016). Visual Content Marketing Leveraging Infographics, Video, and Interactive Media to Attract and Engage Customers. Canada: Willey.

Kasali, Rhenald. (2017). Disruption. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kertajaya. (2017). Marketing Changes in Challenging Times. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama dan Markplus. Inc.

Lim, Hendrik. (2016). New Games, New response, Strategy to Win The Market Changes. Jakarta : Defora Publisher.

Marta, Rustono Farady., & William, Denise Monica. (2016). Studi Terpaan Media Pemasaran Melalui Posting Instagram Terhadap Ekuitas Merek Pelanggan Sumoboo! (Analisis Eksplanatif pada Komunitas Food Blogger #WTFoodies). Jurnal Komunikasi, Volume 8, No: 1, Halaman 68-82. https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/50/53

Prisgunanto, Ilham. (2006). Komunikasi Pemasaran: Strategik dan Taktik. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Raco, ME., M.Sc. (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakter dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Ryan, Damian. (2015). Understanding Social Media, How to Create a Palan for Your Business That Works. London: Kogan Page.

Ryan, Damian. (2017). Understanding Digital Media, Marketing Strategies for Engaging The Digital Generation. London : Kogan Page.

Saeed, Rashid. (2015). Brand Activation, A Theoretical Perspective. Journal of Marketing and Consumer Research

Yazdanfirad., & Kee. (2015). The Review of Content Marketing as a New Trend in Marketing Practices. International Journal of Management, Acounting and Economics, Vol. 2 No.9.

Yulianita, Neni., & Leksono, Ninok. (2011). Corporate and Marketing Communication. Bandung : Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi.