Strategi Humas Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Dalam Pengelolaan Jejaring Sosial

Main Article Content

Mohammad Ribhul Azeem
ahmad toni

Abstract

One Way Communication occurring at an institution the government should be changed into two way communication through media. Cooperative and Small Medium Enterprises Ministry Republic of Indonesia use social media as a means of the spread of information to interested parties. This research using the Media Richness Theory and uses Qualitative Case Study method by lifting cases of management media network happening in the society in the Division of Public Relations Cooperative and Small Medium Enterprises Republics Indonesia that has not yet been optimized. The research also use constructivism who regards paradigm of the solution of the problems faced by a solution .These are data to research for participating states in the form of observation internships and also with interviews with key informants , which are then data was compared with each other using a source of triangulation.The result of this research shows the important things can support of the effectiveness of the social media optimizations at Cooperative Small Medium Enterprises Ministry Republic of Indonesia such as management of information signs, feedback, focus development and language use.

 

Komunikasi satu arah yang terjadi pada institusi pemerintah harus diubah menjadi komunikasi dua arah melalui media. Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia menggunakan media sosial sebagai sarana penyebaran informasi kepada pihak yang berkepentingan. Penelitian ini menggunakan teori kekayaan media dan menggunakan metode penelitian studi kasus kualitatif dengan mengangkat kasus berupa pengelolaan jejaring media sosial yang terjadi di Divisi Hubungan Masyarakat Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Penelitian ini juga menggunakan paradigma konstruktivisme. Pada penelitian ini data didapatkan melalui observasi partisipan berupa kegiatan magang dan wawancara dengan key informant, kemudian data tersebut dibandingkan satu sama lain menggunakan triangulasi sumber. Hasil yang didapat dalam penelitian ini menggambarkan bahwa pentingnya beberapa aspek yang mampu meningkatkan pengelolaan jejaring media sosial di Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia yang baik seperti pengelolaan tanda informasi, umpan balik, pengembangan fokus dan juga pemanfaatan bahasa.

Article Details

How to Cite
Azeem, M. R., & toni, ahmad. (2018). Strategi Humas Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Dalam Pengelolaan Jejaring Sosial. Jurnal Komunikasi, 10(2), 115–130. https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.2562
Section
Articles
Author Biographies

Mohammad Ribhul Azeem, Universitas Budi Luhur

Public Relations FIKOM

ahmad toni, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur

Pengajar di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta

References

Carlina, Gladys., & Paramita, Sinta. (2017). PR Crisis Melalui Media Sosial. Jurnal Komunikasi, Vol. 9, No. 1, Juli 2017, Hal 81 – 86. https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/211/647

Daft, R. and R. Lengel. (1984). Information Richness : A New Approach To Managerial Behaviour and Organization Design. Research In Organizational Behaviour, Vol.6 : 191 – 233.

Hakim, Abdul. (2017). Metodologi Penelitian Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi : CV. Jejak.

Herlanti, Yanti. (2004). Pemanfaatan Media Sosial Pada Pembelajaran Berbasis Isu Sosio saintifik Untuk Mengembangkan Keterampilan Berargumentasi Dan Literasi Sains. Bandung : Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Bandung.

Kaushik, Avinash. (2011). Best Social Media Metrics Conversation, Amplification, Applause, Economic Value”. https://www.kaushik.net/avinash/best-social-media-metrics-conversation-amplification-applause-economic-value/. Diakses pada 20 Desember 2018 Pukul 19:32 WIB.

Kustiny, Henny. (2017). Communication Skill. Sleman : CV. Budi Utama.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2017). Pemerintah Daerah Harus Aktif Dalam Menggunakan Media Sosial. Diakses pada 26 Oktober 2017 pada Pukul 18:35 WIB. https://kominfo.go.id/content/detail/9712/pemerintah-daerah-harus-aktif-gunakan-media-sosial/0/berita_satker.

Nova, Firsan. (2009). Crisis Public Relations : Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Prayudi, SIP. MA. Ph.D. (2012). Public Relations Stratejik. Yogyakarta : Komunikasi UPN Press.

Ruslan, Rosady. (2016). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi, Konsepsi, dan Aplikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Seitel, Fraser P. (2001). The Practice of Public Relations, 8th ed. New Jersey: Prentice Hall.

Stelzner, M.A. (2016). Social Media Marketing Industry Report : How To Marketers Are Using Social Media To Grow Their Businesses. http://www.socialmediaexaminer.com/social-media-marketing-industry-report-2016/.

Suprawoto. (2018). Government Public Relations : Perkembangan dan Praktik di Indonesia. Jakarta : Prenadamedia Grup.

Zarella, D. (2010). The Social Media Marketing Book. Jakarta : PT. Serambi Ilmu Semesta Anggota IKAPI.