Infografis Dinamis Sebagai Pengganti Peta Konvensional pada Kawasan Bermain (Studi Kasus : Dunia Fantasi)

Main Article Content

Anny Valentina
Richard Andrew

Abstract

A map that was originally used as a hint tool to visit a new area or environment, especially if the area visited is wide enough. Start from visiting the new city to the play area. Dunia Fantasi (Dufan) is a large playing area. Until now Dufan provides a map of the area in the form of brochures and standing maps in the play area. With the advancement of technology today is very possible if Dufan can make the navigation system map of its region in digital form. As is known today human habits have changed a lot, because it is very likely to move the map from manual to digital system will be preferred by consumers. Map of digital form because it is considered more practical and easy, especially if the form of dynamic infographic. Infographics itself is a collection of information with the help of images, dynamic use can be interpreted with the addition of motion elements in the map. Using data collection techniques in the form of direct observation and interview. The target of the research is for Dufan visitors covering all ages, ranging from students, students and families and through this research is expected to know what information needed by visitors and media and design that is considered efficient and easy to understand, so through the media map can increase consumer satisfaction.

 

 

Peta yang pada awalnya digunakan sebagai alat bantu petunjuk untuk mengunjungi sebuah area atau lingkungan baru, apalagi jika area yang dikunjungi cukup luas.  Mulai dari mengunjungi kota baru hingga area bermain. Dunia Fantasi (Dufan) merupakan kawasan bermain yang cukup luas. Hingga saat ini Dufan menyediakan peta area dalam bentuk brosur dan standing map yang ada di kawasan bermain. Dengan kemajuan teknologi saat ini sangat mungkin jika Dufan bisa membuat sistem navigasi peta kawasannya dalam bentuk digital. Seperti diketahui saat ini kebiasaan manusia telah banyak berubah, karena itulah sangat besar kemungkinan perpindahan peta dari sistem manual ke digital akan lebih disukai konsumen. Peta bentuk digital karena dianggap lebih praktis dan mudah, apalagi jika berbentuk infografis dinamis. Infografis sendiri merupakan kumpulan informasi dengan bantuan gambar, pengguanaan dinamis dapat diartikan dengan penambahan unsur animasi dalam peta. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung dan wawancara. Target penelitian ditujukan bagi para pengunjung Dufan yang meliputi segala usia, mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan keluarga dan melalui penelitian ini diharapkan akan diketahui informasi yang apa saja yang diperlukan pengunjung serta media dan desain yang dianggap efisien dan mudah dimengerti, sehingga melalui media peta bisa meningkatkan kepuasan konsumen.

Article Details

How to Cite
Valentina, A., & Andrew, R. (2018). Infografis Dinamis Sebagai Pengganti Peta Konvensional pada Kawasan Bermain (Studi Kasus : Dunia Fantasi). Jurnal Komunikasi, 10(2), 157–166. https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.1222
Section
Articles
Author Biographies

Anny Valentina, Universitas Tarumanagara

Fakultas Seni Rupa dan Desain

Richard Andrew, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ekonomi

References

Angela, S (2013). Perancangan Layout. Diakses Oktober 06, 2016. Terarsip di : http://dspace.library.uph.edu:8080/bitstream/123456789/2253/10/0232008 0115_Chapter2.pdf

Artsparx. (2011). Greek Revival. Diakses November 11, 2016. Terarsip di : http://www.artsparx.com/hist_colorgreek.asp

Bayer, Herbert., Gerstner, Karl., & Hara, Kenya. (2009). Graphic Design Theory Readings From The Field. New York : Princeton Architectural Press.

Brandi Hussey (2011). Color Pallette : Chinese lantern. Diakses November 12, 2016. Terarsip di : http://www.brandigirlblog.com/2012/10/color-palette-127-chineselantern. html

Color Bomb (2013). Brown Color Image Example. Diakses November 12, 2016. Terarsip di : http://www.colorcombos.com/tags/colors/brown

Color Bomb (2013). Hex Web Color. Diakses November 12, 2016. Terarsip di : http://www.colorcombos.com/colors/BA6222

Gilbert, Jennifer (2013). Warm Colors?, Diakses November 11, 2014.

Terarsip di : http://www.pinterest.com/jenlovesmichael/warm-colors/

Healey, Matthew. (2008). What Is Branding?, New York : Rockport.

Irawan, Koko. (2010). Potensi Objek Wisata Air Terjun Serdang Sebagai Daya Tarik Wisata Di Kabupaten Labuhan Batu Utara. Kertas Karya. Program Pendidikan Non Gelar Pariwisata : Universitas Sumatera Utara.

Lankow, Jason., Ritchie, Josh., & Crooks, Ross. (2012). Infografics - The Power of Visual Story Telling, New York : John Willey and Sons Inc.

Muzack, Zacky. (2013). Psikologi Pariwisata dan Kepribadian Wisatawan. Diakses Oktober 03, 2016. Terarsip di : http://zackyeducations.blogspot.com/2013/01/psikilogi-pariwisata.html

Polyvore (2013). Design Seeds for All Who Love Beach. Diakses November 20, 2016. Terarsip di : http://www.polyvore.com/design_seeds_for_all_who/thing?context_id=2609248&context_type=lookbook&id=66311667

Product Finishing (2013). White Stay Atop of Cars Color Rank. Diakses November 11, 2016. Terarsip di : http://www.pfonline.com/blog/post/white-stays-atop-the-worlds-car-colorranks

Rustan, Surianto. (2010). Font & Tipografi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, Surianto. (2010). Layout, Dasar dan Penerapannya, Cetakan Kedua. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Sarwono, Jonathan., & Lubis, Hary. (2007). Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi.

SCI i-color creation (2014). Inilah Trend Warna di Tahun 2014. Diakses November 11, 2016.Terarsip di : http://scipusat. blogspot.com/2013/04/inilah-warna-trend-di-tahun-2014.html

Siregar, AS. (2012). Brand Destination. Diakses Oktober 06, 2016. Terarsip di : http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/33920/4/Chapter%20II.pdf

Social Psychology for Social Good. (2010). Tools for Changing The World. Diakses November 20, 2016. Terarsip di : http://toolsforchangingtheworld.com/let-us-make-ourselves-perfectlyclear/

Suherman. (2014). Perkembangan Anak. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Studio, Desain. (2010). Teori Gestalt dalam Desain Grafis. Diakses Oktober 06, 2016. Terarsip di : http://www.desainstudio.com/2010/12/teori-gestalt-dalam-desaingrafis.

Supriyono, Rakhmat. (2010). Desain Komunikasi Visual – Teori dan Aplikasi, Yogyakarta : Andi.

Taylor, David. (2014), Understanding Composition. United Kingdom : AE Publications.

Teori Warna. (2011). Diakses Oktober 06, 2016. Terarsip di : http://thesis.binus.ac.id/doc/Bab4/2011-2-00276-DS%2520bab%25204.pdf

Tenbears. (2011). Hard to Read Typography. Diakses November 20, 2016.Terarsip di : http://www.coolastenbears.com /hard-to-read-typography-7

Thomas, Chris. (2013). You Are Here. Amsterdam : BIS Publishers.

Woolman, Matt. (2008). Digital Information Graphics. New York : Watson Guptill.