Representasi Kampanye Politik Dalam Game (Analisis Semiotik Dalam Game Jokowi Go! Dan Game Prabowo The Asian Tiger)

Main Article Content

Janne Halim
Widayatmoko Widayatmoko

Abstract

Abstract

This study aims to determine how the representation of political campaigns in the 2014 elections in the game Jokowi Go! and Prabowo the Asian Tiger. The theory is used to build this research is related to the theory of political communication political campaign message implicit in the second game. then the representation theory to explain the construction of the meaning of a symbol. In addition, the study of political PR is used as a media channel to communicate interpretations political issues specifically, in an effort gathering public support, and the theory of communication and information technology, especially in this game. To answer the research questions, the researcher uses semiotic method proposed by Roland Barthes with the concept of connotation, denotation, and myths to analyze the second game. The results of this study indicate that the game Jokowi Go! There are many political campaign messages conveyed premises represent the community in different ways, while the game Prabowo The Asian Tiger, it can be said that the political campaign messages contained in it is minimal. In the game Prabowo The Asian Tiger even invisible characters that represent the  people of Indonesia, as well as the program's mission and vision owned by Mr. Prabowo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi kampanye politik dalam pemilu 2014 dalam game Jokowi Go! dan Prabowo the Asian Tiger. Teori yang digunakan untuk membangun penelitian ini adalah teori komunikasi politik terkait pesan kampanye politik yang tersirat dalam kedua game tersebut. kemudian teori representasi menjelaskan konstruksi makna sebuah simbol. Selain itu kajian PR politik digunakan sebagai saluran media untuk mengkomunikasikan interprestasi isu-isu politik yang khusus, dalam upaya pengumpulan dukungan publik, dan teori teknologi komunikasi dan informasi khususnya dalam hal ini game. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, peneliti menggunakan metode semiotik yang dikemukakan oleh Roland Barthes dengan konsep konotasi, denotasi, dan mitos untuk menganalisis kedua game tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa game Jokowi Go! banyak terdapat pesan kampanye politik yang disampaikan merepresentasi masyarakat Indoensia dengan cara yang beragam, sedangkan pada game Prabowo The Asian Tiger, dapat dikatakan bahwa pesan kampanye politik yang terdapat di dalamnya sangatlah minim. Di dalam game Prabowo The Asian Tiger bahkan tidak terlihat karakter yang merepresentasikan masyarakat Indonesia, maupun program dan visi misi yang dimiliki oleh Bapak Prabowo.

 

Article Details

How to Cite
Halim, J., & Widayatmoko, W. (2015). Representasi Kampanye Politik Dalam Game (Analisis Semiotik Dalam Game Jokowi Go! Dan Game Prabowo The Asian Tiger). Jurnal Komunikasi, 7(1), 98–107. https://doi.org/10.24912/jk.v7i1.10
Section
Articles
Author Biographies

Janne Halim, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Widayatmoko Widayatmoko, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Argenti, Paul A. (2010). Komunikasi korporat: corporate communication. Jakarta: Salemba Humanika.

Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi komunikasi teori, paradigma, dan diskursus teknologi komunikasi di masyarakat. Jakarta: Kencana.

Butterick, Keith. (2013). Pengantar public relations: teori dan praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Coombs, W. Timothy. (1999). Ongoing crisis communication; planning, managing, and responding. California: SAGE Publications, Inc.

Cutlip, Center, & Broom. (2006). Effective public relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Jefkins, Frank. (2003). Public relations. Jakarta: Erlangga.

Nova, Firsan. (2009). Crisis public relations bagaimana pr menangani krisis perusahaan. Jakarta: Grasindo

Purwanto, Djoko. (2011). Komunikasi bisnis. Jakarta: Erlangga.

Windriati, Fiki Astuti. (2011). Analisa Manajemen Krisis PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Pontianak Dalam Peristiwa Tenggelamnya Kapal Di Alur Pelayaran Pelabuhan. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Veteran Yogyakarta