RENCANA PENGELOLAAN KAWASAN WISATA PULAU TIDUNG, KELURAHAN PULAU TIDUNG, KECAMATAN KEPULAUAN SERIBU SELATAN

Main Article Content

Garry Jeremiah Anthony Rey
Suryono Herlambang

Abstract

Tidung Island Tourism Area is a natural tourist attraction located in the Tidung Island Village, Seribu Islands District which offers Beach and Underwater Beauty as the attraction of Small Island Tourism. In addition, the large number of homestays is the difference between Tidung Island and other small islands in Kepulaun Thousand. The high number of tourists each year is a marker that Tidung Island Tourism Area is one of the options for the community to spend their vacation time. Along with the increasing number of tourists, it is necessary to repair and improve the quality of management and also the physical condition of existing facilities so that small island management can be maintained. Virtual Hotel Operator is a system that can be an answer in managing existing homestays. In addition, there is still a lack of direct community involvement in the management of the Island which is also a serious concern. The purpose of this study is to find out the management system in Small Island, especially Tidung Island, visitors' perceptions and preferences regarding the Tourist Area and propose a plan for managing the Tidung Island Tourism Area. To achieve these objectives, several analyzes were carried out, namely: policy analysis, physical conditions and management analysis, distribution, conditions and management of accommodation analysis, perception and visitor preferences analysis; carrying capacity analysis management plans and strategies analysis. These analysis were done using descriptive analysis tool, SWOT, calculation of carrying capacity, likert scale and cartesius.

 

Abstrak

Kawasan Wisata Pulau Tidung adalah objek wisata alam yang berada di Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu yang menawarkan Pantai dan Keindahan bawah laut sebagai daya tarik Pariwisata Pulau Kecil. Selain itu jumlah homestay yang banyak merupakan pembeda Pulau Tidung dengan Pulau-Pulau Kecil lainnya di Kepulaun seribu.  Jumlah wisatawan yang tinggi tiap tahunnya menjadi penanda bahwa Kawasan Wisata Pulau Tidung menjadi salah satu opsi masyarakat dalam menghabiskan waktu berlibur yang ada. Seiring dengan bertambah banyaknya wisatawan maka perlu dilakukaan perbaikan dan peningkatan kualitas terhadap manajemen dan juga kondisi fisik fasilitas yang ada sehingga pengelolaan pulau kecil dapat terjaga. Virtual Hotel Operator merupakan suatu sistem yang bisa menjadi jawaban dalam pengelolaan homestay yang ada. Selain itu, masih kurangnya keterlibatan masyarakat secara langsung dalam pengelolaan Pulau yang ada juga menjadi perhatian yang serius. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui sistem pengelolaan yang ada di Pulau Kecil khususnya Pulau Tidung, persepsi dan preferensi pengunjung mengenai Kawasan Wisata serta mengusulkan rencana pengelolaan Kawasan Wisata Pulau Tidung. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan beberapa analisis yaitu : analisis kebijakan, analisis kondisi fisik dan pengelolaan, analisis persebaran, kondisi dan pengelolaan akomodasi, analisis persepsi dan preferensi pengunjung, analisis daya dukung dan analisis rencana dan strategi pengelolaan. Analisis yang dilakukan menggunakan alat analisis yaitu deksriptif , SWOT, perhitungan daya dukung, skala likert dan diagram cartesius.

Article Details

Section
Articles

References

Atmosudirjo, P. (1982). Administrasi dan Manajemen Umum. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Arikunto, S. (1993). Manjemen Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Persada.

ASEAN Tourism Strategic Plan (ATSP):2011-2015

Creswell, J. W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design, Choosing Among Five Traditions. California: Sage Publication.

Dahl, A. L. (2006). Small Island Environmet Management. Swiss : UNEP Eartwatch

Fattah, N. (2004). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan. Sekolah. Bandung: CV Pustaka Bani Quraisy

Kusumastanto, T. (2000). Pengembangan Sumber Daya kelautan dalam memperkokoh Perekonomian Nasional Abad 21. Kajian Ekonomi. Kelautan. IPB.

Martilla, J.A. and James, J.C. (1977) Importance-Performance Analysis. Journal of Marketing, 41, 77-79.

Pitana, I.G. ,Diarta, I.K.S. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Supranto, J. (1997). Pengukuran Tingkat Kepuasan Konsumen. Jakarta : Rineka Cipta. Hal. 242