ARENA OLAHRAGA BASKET

Hieronimus Richard, Budi Adelar Sukada
| Abstract views: 11 | views: 9

Abstract

Kawasan Cengkareng merupakan Kawasan yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi di daerah Jakarta Barat. Banyaknya jumlah bangunan perumahan dan permukiman di Kawasan Cengkareng menyebabkan ruang publik yang tersedia masih terbilang kurang cukup untuk mengakomodasi penduduk di Cengkareng. Fasilitas-fasilitas hiburan pun sangat jarang ditemui di Kawasan Cengkareng. Oleh karena itu, dibutuhkan sarana wisata yang dapat mengakomodasi kebutuhan rekreasi bagi penduduk di Kawasan Cengkareng.

Rekreasi itu sendiri ada banyak jenisnya, salah satunya adalah rekreasi olahraga basket. Olahraga basket, selain dapat menjadi salah satu gaya hidup yang sehat, olahraga basket juga dapat menjadi salah satu pertunjukan ataupun aktivitas permainan yang menyenangkan. Namun, hal tersebut tidak didukung oleh sarana yang memadai, terutama untuk di Kawasan Cengkareng. Minimnya jumlah sarana olahraga basket di Kawasan Cengkareng sangat berbanding terbalik dengan minat penduduk di sekitarnya.

Untuk itu penulis mengkaji dan menganalisis tentang Kawasan Cengkareng dalam merancang sarana wisata olahraga basket. Dengan mengutamakan permainan olahraga basket sebagai suatu pertunjukan dan permainan yang menyenangkan, lapangan basket sebagai arena permainan dibuat dapat diakses oleh publik dan dapat terlihat dari sebagian besar area pada kawasan tapak. Sebagai suatu objek wisata, selain lapangan basket, fasilitas-fasilitas pendukung lainnya juga dimasukan ke dalam program, seperti restoran, retail, gym, dll agar dapat dinikmati oleh pengunjung dan membuat program yang diterapkan dapat lebih hidup.

Keywords

Arena; Basket; Permainan; Pertunjukan; Wisata Olahraga

Full Text:

PDF


Refbacks

  • There are currently no refbacks.