FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN CONSUMER CYCLICALS DI BEI
Isi Artikel Utama
Abstrak
The purpose of this study is to analyze the effect of firm size, leverage, profitability, and liquidity on the firm value. This research was conducted on consumer cyclicals sector companies (non-primary consumers) listed on the Indonesia Stock Exchange from 2018 to 2021, samples were selected using the purposive sampling method based on data that matched the criteria of 54 companies. The data processing technique uses multiple regression analysis assisted by the SPSS (Statistical Product and Service Solution) for windows released 16. The results of this study show that the size of the company affects the value of the company. Meanwhile, leverage, profitability, and liquidity have no effect on the firm.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Komunikasi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Anisyah dan Purwohandoko. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan.
Antari, N. K. N. Desi, Endiana, I. D. Made, & Pramesti, I G. A. Asri. 2022. Pengaruh Kebijakan Deviden, Likuiditas, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020. Jurnal Kharisma. Vol 4 No 2.
Cahyani, Gusti Ayu Putri, dan Ni Gusti Putu Wirawati. 2019. Pengaruh Likuiditas, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.Vol.27. No.2. 1263 -1289.
Ernawati, Dewi. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 4. No. 4.
Herdiani, N. Putri., Badina, Tenny., & Rosiana, Rita. 2021. Pengaruh Likuiditas, Leverage, Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan, Good Corporate Governance dan Sales Growth Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Manajemen. Vol 16 No 2 Hal 87-106.
Indrayani, N. K., Endiana, I. D. M., & Pramesti, I. G. A. A. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Akuntansi Lingkungan, Leverage Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 3(1), 52-62.
Jensen, M. C. & Meckling, W. H. (1976). Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics 3, 305-360.
Luthfiana, Azizah. (2018). Pengaruh Solvabilitas, Profitabilitas, dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi: Yogyakarta.
Marini, Y., & Marina, N. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Humaniora, 1(1), 7–20.
Novari, P. M. & Lestari, P. V. (2016).). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti Dan Real Estate.
Permana, A.A. Ngr Bgs Aditya, dan Rahyuda, Henny. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Likuiditas, Dan Inflasi Terhadap Nilai Perusahaan. E Jurnal Manajemen Unud, Vol. 8, No.3, 1577 –1607.
Putra, A. N. D. A., & Lestari, P. V. (2016). "Pengaruh Kebijakan Dividen, Likuiditas, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan". E-Jurnal Manajemen Unud, 5(7), 4044–4070.
Prastuti, N. K. R. dan I. G. M. Sudiarta. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividend an Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(3), hal. 1572-1598.
Pratama, I. G. B. A. dan Wiksuana, I. G. B. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan sebagai variabel mediasi, E-Jurnal Manajemen Unud, 5(2), pp. 1338-1367.
Pritya, K., Nimalathasan, B., dan Piratheepan T. (2015). Impact of Capital Structure on Firm Value: Case Study of Listed Manufacturing Companies in Srilangka. Scholars World-IRMJCR, 3(1), pp. 47-53.
Rachman, A. Widya. (2019). Pengaruh Earning Per Share (EPS), Price Earnings Ratio (PER), Return on Equity (ROE), dan Debt To Equity Ratio (DER) Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2018. Skripsi. Universitas Islam Riau.
Warmita, I Wayan., & Wati, N. W. A. Erlina. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Harga Saham, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode (2018-2020). Hita Akuntansi dan Keuangan Universitas Hindu Indonesia.
Winarto, J. (2015). The Determinants of Manufacturer Firm Value in Indonesia Stock Exchange. International Journal of Information, Business, and Management, 7(4), pp. 323-349.
Wiyono, Lany Indriana. (2012). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Kebijakan Dividen Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Industri Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2009-2011. Jurnal Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya.