FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus Pada Kantor SAMSAT Serpong- Tangerang Selatan)
Main Article Content
Abstract
The purpose of thissstudy is to empirically prove the effect of taxpayerrawareness, moral obligation, implementation of e-samsat, service quality and tax sanctions on taxpayer compliance in paying motor vehicle taxes at the Samsat Serpon office, South Tangerang. This study uses a survey method. through a questionnaire instrument to 100 respondents. The data processing in this study uses the Statistical Product and Service Solution program for Windows version 25 (SPSS version 25) and Microsoft Excel 2010. The results obtained from the study show that moral obligations, implementation of e-samsat, service quality and tax sanctionsshave a significant influence. on taxpayerrcompliance in paying motorrvehicle taxes, while taxpayer awareness does not have a significant effect on taxpayer compliance in paying motor vehicle taxes.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Komunikasi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Yunianti, L. N., Putri, N. K., Sudibyo, Y. A., & Rafinda, A. (2019). Pengaruh kesadaran, kewajiban moral, akses pajak, kualitas pelayanan dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Journal of Accounting and Strategic Finance 2(1). 1-13.
Trisnawati, E., & Putri, I. R. S. H. (2014). Pengaruh Pelayanan Aparat Pajak, Iklan Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak yang Terdapat di KPP Pratama Jakarta Pademangan pada Tahun 2011. Jurnal Akuntansi 14(1). 59-80.
Kowel, V. A. A., Kalangi, L., & Tangkuman, S. J. (2019). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran, Wajib Pajak dan Modernisasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal EMBA 7(3). 4251-4260.
Susilawati, K. E., & Budiartha, K. (2013). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan dan Akuntabilitas Pelayanan Publik pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 4(2). 345-357.
Rusli, R. H. P., & Hadiprajitno, P. B. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak. Diponegoro Journal of Accounting 3(4). 1-13.
Sarlina, L., Kurniawan, A., & Umiyati, I. (2019). Pengaruh Akses Pajak, Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Adanya Reward Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan 1(2). 145-160.
Amalia, R., Topowijono., & Dwiatmanto. (2016). Pengaruh Pengenaan Sanksi Administrasi dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 31(1). 35-41.
Oktavianingrum, D., Surya, R. T., & Apriliawati, Y. (2021). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Online E-Samsat Jabar Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Indonesian Accounting Research Journal 1(2). 244-252.
Juliantari, N. K. A., Sudiartana, I. M., & Dicriyani, N. L. G. M. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral, Sanksi Pajak dan Sosialisasi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Gianyar. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA) 3(1). 128-139.
Wuryanto, L., Sadiati, U., & Afif, M. N. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akunida, 5(2). 15-31.
Kurniawati, S., & Susanto, Y. K. (2021). Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor: Kewajiban Moral dan Sanksi Perpajakan. Jurnal Akuntansi Dan Investasi 6(1). 47-59.
Dewi, I. G. A. M. R. (2019). Efektivitas E-Samsat, Pajak Progresif Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis 4(1). 50-61.
Winasari, A. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kesadaran, Sanksi, Dan Sistem E-SAMSAT Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Subang (Studi Kasus Pada Kantor Samsat Subang). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi) 1(1). 11-19.
Andini, A. A. I. Y., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Biaya Kepatuhan, Sanksi Perpajakan, dan Penerapan E-Samsat Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kecamatan Bangli. KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi) 1(2). 391-397.
Agustin, N. S., & Putra, R. E. (2019). Pengaruh kesadaran masyarakat, sanksi perpajakan dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor pada Samsat Kota Batam. MEASUREMENT: Journal of the Accounting Study Program, 13(1). 55-62.
Jarvela, S. (2011). Social and Emotional Aspects of Learning. Los Angeles: Elsevier.
Ahmadi. (1998). Faktor yang Mempengaruhi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Mardiasmo. (2008). Perpajakan (edisi Revisi 2008). Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mehta, C. R., & Patel, N. R. (2012). IBM SPSS Exact Tests. 1–236.
Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.