PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERDAHAP NILAI PERUSAHAAN
Main Article Content
Abstract
The purpose of this research is to examine the influence of profitability, leverage, and firm
size toward firm value on the manufacturing companies listed at Indonesia Stock Exchange
for the year 2016-2020. This research uses a simple random sampling method so that the
selected sample of 56 manufacturing companies. This research used the EVIEWS program
version 10. The results showed that only leverage that influenced firm value, meanwhile
profitability and firm size did not have influence to firm value.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Komunikasi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Angga, P. A. B., & Wiksuana, I. G. B. (2018). Pengaruh Firm Size Dan Profitabilitas
Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Mediasi. EJurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5, 1289.
Aryani, Z. I., & Fitria, A. (2020). Pengaruh Leverage , Likuiditas , Profitabilitas Dan
Ukuran. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 9(6), 1653–1662.
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2014). Essentials of Financial Management. Dasar-dasar
Manajemen Keuangan. Terjemahan Ali Akbar Yulianto. Buku 2. (11th ed.). Selemba
Empat.
Darmawan, A., Putragita, Y., Purnadi, P., & Sunardi, S. (2020). Pengaruh Profitabilitas
Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility
Sebagai Variabel Moderasi Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Kontrol.
Balance : Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 5(1), 83
Dewantari, N. L. S., Cipta, W., & Susila, G. P. A. J. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan
Dan Leverage Serta Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food
and Beverages Di Bei. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 74.
Haryadi, E. (2016). Pengaruh Size Perusahaan, Keputusan Pendanaan, Profitabilitas dan
Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, 3(2), 84–100.
Himawan, H. M. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Leverage
Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Yang Go Public
Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb
Universitas Brawijaya, 25–27.
Jannati, I. (2014). PENGARUH RASIO LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS
(Studi Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar din BEI Periode
Tahun 2009 â 2011). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 8(2),
Kasmir. (2011). Analisis Laporan Keuangan, EDISI 1. Grafindo Persada.
Kurniawan, G. G., & Ardiansyah. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan,
Leverage Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Multiparadigma
Akuntansi Tarumanagara, 2(1), 367–375.
Lugina, S., & Sugeng, B. (2017). PERUSAHAAN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK
(Studi Pada Perusahaan Property dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek
Indonesia Periode 2013-2015 …. 73(1), 111–123.
http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33104
Mispiyanti, M., & Wicaksono, R. (2020). Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Kebijakan
Dividen Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Mediasi.
Owner (Riset Dan Jurnal Akuntansi), 4(2), 396.
https://doi.org/10.33395/owner.v4i2.237
Mubarok, M. H. (2010). Pengaruh Leverage, Firm Size, dan Free Cash Flow Terhadap
Nilai Perusahaan Dengan Praktik Manajemen Laba Sebagai Variabel Moderating Pada
Perusahaan Real Eastate dan Properti YAng Terdaftar di Bursa Efek Indonesia TAhun
-2015. Skripsi, November, 1–10.
Nindita, B. R., & Sukoharsono, E. G. (2017). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN,
PROFITABI LITAS, DAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING TERHADAP NILAI
PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index
Tahun 2014-2017). 1–22.
Nur, T. (2019). Pengaruh profitabilitas, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan
ukuran perusahaan sebagai variabel pemoderasi. Jurnal Manajemen Bisnis, 22(1), 1–
Prasetia, T. E., Tommy, P., & Saerang, I. S. (2014). Struktur Modal, Ukuran Perusahaan
Dan Risiko Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bei.
Ukuran… Jurnal EMBA, 8792(2), 879–889.
Pratiwi, N., & Rahayu, S. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Good Corporate
Governance dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan yang terdaftar pada
Bursa Efek Indonesia yang memiliki skor Corporate Governance. E-Proceeding of
Management, 2(3), 3146. e
Putri, D. E., Ilham, R. N., & Syahputri, A. (2021). Efek Mediasi Profitabilitas Pada
Pengaruh Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. 05(02), 1–
Rahmansyah, O. H. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan,
Likuiditas, dan Peluang Pertumbuhan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, 53(9), 1689–1699.
Riswanto, A. (2021). PENGARUH LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP
NILAI PERUSAHAAN. 2(3), 7–20.
Sadewo, I. B., Suparlinah, I., & Widianingsih, R. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan
Keputusan Pendanaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai
Variabel Mediasi. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 13(3), 126–145.
Sambora, M. (2014). PENGARUH LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP
NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di
BEI periode tahun 2009 â 2012). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya,
(2), 80108.
Siallagan, M. E. P., Siahaan, Y., Jubi, J., & Inrawan, A. (2019). Pengaruh Profitabilitas
Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Leverage Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.
SULTANIST: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 1–8.
https://doi.org/10.37403/sultanist.v6i2.121
Sintyana, I. P. H., & Artini, L. G. S. (2019). PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR
MODAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI
PERUSAHAAN. 8(2), 7717–7745.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif , kualitatif dan r &
d.
Supriyono, R. (2018). Akuntansi Keperilakuan. UGM EXPRESS.
Tarima, G., Parengkuan, T., & Untu, V. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Keputusan
Investasi Dan Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Perusahaan Farmasi Yang
Terdaftar Di Bei Periode 2011-2014. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 465–474.
Wiagustini, N. L. P. (2010). Dasar – dasar Manajemen Keuangan (Cetakan Pe). Udayana
University Press.
Wijaya, H., Tania, D., & Cahyadi, H. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai
Perusahaan. Jurnal Bina Akuntansi, 8(2), 109–121.
https://doi.org/10.52859/jba.v8i2.148
Wongso, A. (2011). Pengaruh kebijakan dividen, struktur kepemilikan, dan kebijakan
hutang terhadap nilai perusahaan dalam perspektif teori agensi dan teori. 1–6.