PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Main Article Content

Abraham Friederick
Tony Sudirgo

Abstract

The main purpose of this research is to analyze the effect of capital structure, profitability,
leverage, and firm size towards firm value on listed manufacturing companies in Indonesia
Stock Exchange (IDX) in the period of 2018-2020. The sample used in this research
consists of 65 companies which are collected by using purposive sampling method and
analized by using eviews 12 program. The result shown in this research indicates that
capital structure and profitability has positive and significant effect on firm value, firm size
has significant and negative effect on firm value, and leverage has not significant and
negative effect on firm value.

Article Details

Section
Articles

References

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2011). Dasar Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11

Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, I. (2014). Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fauziah, F. (2017). Kesehatan Bank, Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan: Teori dan

Kajian Empiris. Samarinda: RV Pustaka Horizon.

Hery. (2017). Analisis Laporan Keuangan.Cetakan Ke-2. Jakarta: PT Grasindo.

Husnan, S. (2014). Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka

Panjang), Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Kadafi, M. A. (2020). Analisis Struktur Modal, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan

Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal FEB Unmul, Vol. 12, No. 1, 133-144.

Kasmir. (2012). Analisa Laporan Keuangan. (Edisi Satu), Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT.

Raja Grafindo Persada.

Mardiana, W. D., Amin, M., & Hariri. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas,

Leverage, dan Price Earning Ratio (PER) Terhadap Nilai Perusahaan Pada

Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode 2017-2019. E-JRA Jurnal

Ilmiah Riset dan Akuntansi, Vol. 09, No. 4, 124-137.

Muhardi, W. (2013). Analisi Laporan Keuangan: Proyeksi dan Valuasi Saham. Jakarta:

Penerbit Salemba Empat.

Nathanael, R. F., & Panggabean, R. R. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas,

Leverage dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan. BALANCE: Jurnal

Akuntansi, Auditing dan Keuangan, Vol.17, No.2, 175-200.

Prasetia, T. E., Tommy, P., & Saerang, I. (2014). Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan

Risiko Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di BEI.

Jurnal EMBA, Vol. 2, No. 2, 879-889.

Riyanto, B. (2011). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Rodoni, A. & Ali, H. (2014). Manajemen Keuangan Modern. Jakarta: Mitra Wacana

Media.

Ross, S, A., et al. (2015). Essentials of Corporate Finance, Asia Global Edition. New

York: McGraw-Hill Education.

Sari, P.I., & Abundanti, N. (2014). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Leverage

Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan. E. Jurnal Manajemen, Universitas

Udayana Bali, Vol. 3, No. 5, 1427-1441.

Subramanyam, K. R. (2014). Financial Statement Analysis, Eleventh Edition. California:

Mcgraw-Hill Education.

Sudana, I. M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan: Teori & Praktik. Jakarta:

Penerbit Erlangga.

Suffah, R., & Riduwan, A. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan,

dan Kebijakan Dividen Pada Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol

, No. 2. 1-16.

Utomo, N. A., & Christy, N. N. (2017). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Ukuran

Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan LQ 45 di Bursa Efek

Indonesia. Seminar Nasional dan Call for Paper, Vol. 1, No. 1, 398-415.

Widyantari, N. L. P., & Yadnya, I. P. (2017). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan

Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food And Beverage

Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 12, 6383-6409.