PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL, KEBIJAKAN DIVIDEN, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Main Article Content

Kevin Jeonghun Yonathan Jeong
Augustpaosa Nariman

Abstract

This study aims to determine the effect of corporate social responsibility, dividend policy,
company size, and profitability on firm value in manufacturing companies listed on the
Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2017-2019 period. The sample was selected by
purposive sampling method and the valid data were 46 companies. The data processing
technique uses multiple regression analysis assisted by the software Eviews 11 for
Windows and Google Sheets. The results of this study indicate that corporate social
responsibility and dividend policy have a positive and insignificant effect on firm value.
Firm size has no significant effect on firm value. Profitability has a positive and significant
effect on firm value. The implication of this research is that the interests of corporate social
responsibility, dividend policy, company size, and profitability will increase company value
which is something that investors consider to invest.

Article Details

Section
Articles

References

Aini, A. K. (2015). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung

Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks LQ45

Bursa Saham Indonesia (BEI). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB UB, 1(2), 1–14.

Artisa, D. A., Nugrahanti, Y., & Kristanto, A. B. (2015). Pengaruh Corporate Social

Responsibility (CSR) Terhadap Biaya Operasional dan Profitabilitas (Studi Pada

Perusahaan Tekstil dan Garment yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-

. Prosiding Seminar Nasional dan Call For Papers, 1–13.

Dewi, K. R. C., & Sanica, I. G. (2017). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan

Manajerial, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai

Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

(1).

Ghozali, I., & Ratmono, D. (2017). Analisis Multivariat dan Ekonometrika (Teori, konsep,

dan Aplikasi dengan EViews 10) (2 ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas

Diponegoro.

Halim, A. (2015). Manajemen Keuangan Bisnis Konsep Dan Aplikasi (1 ed.). Jakarta:

Mitra Wacana Media.

Handriani, E., & Irianti, T. E. (2015). Investment Opportunity Set ( IOS ) Berbasis

Pertumbuhan Perusahaan Dan Kaitannya Dengan Upaya Peningkatan Nilai

Perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, XVIII(1), 83–99.

Hery. (2017). Riset Akuntansi (A. Pramono, ed.). Jakarta: Grasindo.

Husnan, S., & Pudjiastuti, E. (2015). Dasar Dasar Manajemen Keuangan (7 ed.).

Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Marius, M. E., & Masri, I. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance dan

Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal

Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 23. https://doi.org/10.17509/jpak.v2i2.15464.

Meivinia, L. (2018). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Struktur Modal, Dan Suku Bunga

Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 377.

https://doi.org/10.24912/jmieb.v2i2.1562

Novitasari, D. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Kebijakan Dividen,

Likuiditas, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan (studi

Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun

-2017). 17.

Paminto, A., Setyadi, D., & Sinaga, J. (2016). The Effect of Capital Structure, Firm Growth

and Dividend Policy on Profitability and Firm Value of the Oil Palm Plantation

Companies in Indonesia. European Journal of Business and Management, 8(33), 123–

Partha, I. G. A., & Noviari, N. (2016). Pengaruh Penghindaran Pajak Jangka Panjang Pada

Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Informasi Sebagai Variabel Pemoderasi. 2336–

Pratama, A., & Wiksuana. (2018). Pengaruh Firm Size Dan Profitabilitas Terhadap Nilai

Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Ekonomi dan

Bisnis Universitas Udayana, 1289–1318.

https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i05.p03

Pristianingrum, N. (2017). Pengaruh Ukuran, Profitabilitas, dan Pengungkapan CSR

Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Ekonomi dan Bisnis (SNAPER-EBIS

, 353–364.

Purnaya, I. G. K. (2016). Ekonomi dan Bisnis (C. Putri, ed.). Yogyakarta: CV ANDI

OFFSET.

Rudangga, I., & Sudiarta, G. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan

Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana,

(7), 243363.

Sari, R. N. (2017). Pengaruh Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Return Saham

Perusahaan Manufaktur Dengan Nilai Perusahaan Sebagai Variabel Intervening

Periode 2010-2014. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(1), 88–95.

Sartono, A. (2016). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (4 ed.). Yogyakarta: BPFE.

Scott, W. R. (2015). Financial Accounting Theory, 7th Edition (7 ed.). Waterloo: Pearson.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyono, R. A. (2018). Akuntansi Keperilakuan (Mash, ed.). Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press.

Wahyudi, H. D., Chuzaimah, C., & Sugiarti, D. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan,

Profitabilitas, Kebijakan Deviden, dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan

(Studi Penggunaan Indeks Lq-45 Periode 2010-2014). Benefit: Jurnal Manajemen dan

Bisnis, 1(2), 156. https://doi.org/10.23917/benefit.v1i2.3259

Widarjono, A. (2017). Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya Disertai Panduan EViews. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Wijaya, D. (2017). Manajemen Keuangan Konsep dan Penerapannya (T. Y. Kurniawati,

ed.). Jakarta: Grasindo.