PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL, KEBIJAKAN DIVIDEN, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Main Article Content
Abstract
This study aims to determine the effect of corporate social responsibility, dividend policy,
company size, and profitability on firm value in manufacturing companies listed on the
Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2017-2019 period. The sample was selected by
purposive sampling method and the valid data were 46 companies. The data processing
technique uses multiple regression analysis assisted by the software Eviews 11 for
Windows and Google Sheets. The results of this study indicate that corporate social
responsibility and dividend policy have a positive and insignificant effect on firm value.
Firm size has no significant effect on firm value. Profitability has a positive and significant
effect on firm value. The implication of this research is that the interests of corporate social
responsibility, dividend policy, company size, and profitability will increase company value
which is something that investors consider to invest.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Komunikasi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aini, A. K. (2015). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung
Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks LQ45
Bursa Saham Indonesia (BEI). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB UB, 1(2), 1–14.
Artisa, D. A., Nugrahanti, Y., & Kristanto, A. B. (2015). Pengaruh Corporate Social
Responsibility (CSR) Terhadap Biaya Operasional dan Profitabilitas (Studi Pada
Perusahaan Tekstil dan Garment yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-
. Prosiding Seminar Nasional dan Call For Papers, 1–13.
Dewi, K. R. C., & Sanica, I. G. (2017). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan
Manajerial, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai
Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
(1).
Ghozali, I., & Ratmono, D. (2017). Analisis Multivariat dan Ekonometrika (Teori, konsep,
dan Aplikasi dengan EViews 10) (2 ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas
Diponegoro.
Halim, A. (2015). Manajemen Keuangan Bisnis Konsep Dan Aplikasi (1 ed.). Jakarta:
Mitra Wacana Media.
Handriani, E., & Irianti, T. E. (2015). Investment Opportunity Set ( IOS ) Berbasis
Pertumbuhan Perusahaan Dan Kaitannya Dengan Upaya Peningkatan Nilai
Perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, XVIII(1), 83–99.
Hery. (2017). Riset Akuntansi (A. Pramono, ed.). Jakarta: Grasindo.
Husnan, S., & Pudjiastuti, E. (2015). Dasar Dasar Manajemen Keuangan (7 ed.).
Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Marius, M. E., & Masri, I. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance dan
Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal
Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 23. https://doi.org/10.17509/jpak.v2i2.15464.
Meivinia, L. (2018). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Struktur Modal, Dan Suku Bunga
Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 377.
https://doi.org/10.24912/jmieb.v2i2.1562
Novitasari, D. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Kebijakan Dividen,
Likuiditas, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan (studi
Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun
-2017). 17.
Paminto, A., Setyadi, D., & Sinaga, J. (2016). The Effect of Capital Structure, Firm Growth
and Dividend Policy on Profitability and Firm Value of the Oil Palm Plantation
Companies in Indonesia. European Journal of Business and Management, 8(33), 123–
Partha, I. G. A., & Noviari, N. (2016). Pengaruh Penghindaran Pajak Jangka Panjang Pada
Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Informasi Sebagai Variabel Pemoderasi. 2336–
Pratama, A., & Wiksuana. (2018). Pengaruh Firm Size Dan Profitabilitas Terhadap Nilai
Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Ekonomi dan
Bisnis Universitas Udayana, 1289–1318.
https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i05.p03
Pristianingrum, N. (2017). Pengaruh Ukuran, Profitabilitas, dan Pengungkapan CSR
Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Ekonomi dan Bisnis (SNAPER-EBIS
, 353–364.
Purnaya, I. G. K. (2016). Ekonomi dan Bisnis (C. Putri, ed.). Yogyakarta: CV ANDI
OFFSET.
Rudangga, I., & Sudiarta, G. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan
Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana,
(7), 243363.
Sari, R. N. (2017). Pengaruh Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Return Saham
Perusahaan Manufaktur Dengan Nilai Perusahaan Sebagai Variabel Intervening
Periode 2010-2014. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(1), 88–95.
Sartono, A. (2016). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (4 ed.). Yogyakarta: BPFE.
Scott, W. R. (2015). Financial Accounting Theory, 7th Edition (7 ed.). Waterloo: Pearson.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyono, R. A. (2018). Akuntansi Keperilakuan (Mash, ed.). Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press.
Wahyudi, H. D., Chuzaimah, C., & Sugiarti, D. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan,
Profitabilitas, Kebijakan Deviden, dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan
(Studi Penggunaan Indeks Lq-45 Periode 2010-2014). Benefit: Jurnal Manajemen dan
Bisnis, 1(2), 156. https://doi.org/10.23917/benefit.v1i2.3259
Widarjono, A. (2017). Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya Disertai Panduan EViews. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Wijaya, D. (2017). Manajemen Keuangan Konsep dan Penerapannya (T. Y. Kurniawati,
ed.). Jakarta: Grasindo.