FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FIRM VALUE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR TAHUN 2017-2019

Main Article Content

Kessya Kessya
Lukman Surjadi

Abstract

The purpose of this research is to prove empirically the profitability, leverage, liquidity,
growth opportunity of firm value. This study uses secondary data. The object in this
study is a manufacturing company listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the
2017-2019 period. This research was conducted with a sample of 225 manufacturing
company data. The data collection technique used in this study was purposive sampling
processed using the E-Views ver 10.0 program. The results of this study indicate that all
independent variables simultaneously (F test) can predict cash holding. The t test
results show that liquidity (CR) has a significant positive effect on firm value, while
profitability (ROA), leverage (DER), and growth opportunity (TAGR) have no effect on
firm value.

Article Details

Section
Articles

References

Ajija, S. R., Sari, D. W., Setianto, R. H., & Primanti, M.R. (2011). Cara Cerdas

Menguasai Eviews. Jakarta: Salemba Empat.

Akbar, F., & Fahmi, I. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan

Likuiditas Terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan

Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Ekonomi Manajemen Vol. 5, No. 1, 62-81.

Anugerah, K. G. A., & Suryanawa, I. K. (2019). Pengaruh Leverage dan Ukuran

Perusahaan Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana,

Vol. 26.3, 2324-2352.

Dewi, I. A. P. T., & Sujana, I. K. (2019). Pengaruh Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan,

dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas

Udayana, Vol. 26.1, 85-110.

Donaldson., & Fox. (2000). Corporate Debt Capacity: A Study of Corporate Debt

Policy and The Determination of Corporate Debt Capacity. Washington, D.C:

Beard Books.

Fitria, G. N., & Kuntari, D. (2019). Nilai Perusahaan: Ditinjau dari Karakteristik

Perusahaan Pertambangan Di Indonesia. Jurnal MONEX Vol. 8, No. 2, 2549-

Hermuningsih, S. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Struktur Modal

Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik di Indonesia. Buletin

Ekonomi Moneter dan Perbankan, 16(2), 127-148.

Imelda, W. (2011). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan,

Divident Pay Out Ratio Terhadap Expected Earning Perusahaan Manufaktur Yang

Go Publik di BEI. Jurnal Akuntansi dan Keuangan 5(2), 140-152.

Indasari, A. P., & Yadnyana, I. K. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity,

Likuiditas, Dan Struktur Modal Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi

Universitas Udayana, Vol. 22.1, 714-746.

Indrajaya, G., & Setiadi, R. (2011). Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan,

Tingkat Pertumbuhan, Profitabilitas, dan Risiko Bisnis terhadap Struktur Modal:

Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Listing di Bursa Efek

Indonesia periode 2004-2007. Akurat Jurnal Ilmiah Akuntansi. 6(2), 52-67.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). The Theory of The Firm: Managerial

Behaviour, Agency Cost, and Ownership Structure. Journal of Financial and

Economics, 3(4), 305-360.

Kusna, I., & Setijani, E. (2018). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan, Growth

Opportunity Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Dan Nilai

Perusahaan. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 6, No. 1, 93-102.

Moleong, J. (2014), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Myers, N. S., & Majluf. (1984). Corporate Financing and Investment Decision Whwn

Firm Have Information that Investors Do Not Have. NBER Working Paper, No. W1396.

Novari, P. M., & Lestari, P. V. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan

Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti Dan Real Estate.

E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 9, 5671-5694.

Nugroho, W. C., Abdani, F. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Dividend Policy, Leverage,

dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Konstruksi Di Bursa Efek

Indonesia. Jurnal Akuntansi (E-Journal), 8(1), 104-121.

Prasetyorini, F., & Fitri, B. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price

Earning Ratio dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu

Manajemen (JIM), 1(1), 183-196.

Pratama, I. G. B. A., & Wiksuana, I. G. B. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan

Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel

Mediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(2), 1338-1367.

Pribadi, M. T. (2018). Pengaruh Struktur Aset, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Dan

Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dagang Besar Yang Terdaftar di

Perusahaan Bursa Efek Indonesia. Progress Conference Vol. 1, No. 1, 2622-

Putra, A. N. D. A., & Lestari, P.V. (2016). Pengaruh Kebijakan Dividen, Likudiitas,

Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal

Manajemen Unud, Vol. 5, No. 7, 4044-4070.

Sari, P. I. P., & Abundanti, N. (2014). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Leverage

Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas

Udayana, 6(3), 32.

Sabrin, A., Sarita, B., Takdir, D., & Sujono, C. (2016). The Effect of Profitability on

Firm Value in Manufacturing Company at Indonesia Stock Exchange. The

International Journal of Engineering and Science (IJES), 5(10), 81-89.

Singapurwoko, A., & El-Wahid, M. S. M. (2011). The Impact of Financial Leverage to

Profitability Study of Non-financial Companies Listed in Indonesia Stock

Exchange. European Journal of Economics, Finance and Administrative Sciences,

(2), 136-148.

Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suwardika, I. N. A., & Mustanda, I.K. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan,

Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada

Perusahaan Properti. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 3, 1248-1277.

Widarjono, A., & Rucbha, S. M. (2016). Household Food Demand in Indonesia: a Twostage Budgeting Approach. Journal of Indonesian Economy and Business, 31(2),

-177.

Yuanita, M., Budiyanto., & Riyadi, S. (2016). Influence of Capital Structure, Size and

Growth on Profitability and Corporate Value. International Jurnal of Business and

Finance Management Research, 4(1), 80–101.

Zeidan, R., Galil, K., & Shapir, O. M. (2018). Do Ultimate Owners Follow The Pecking

Order Theory? The Quarterly Review of Economics and Finance, 6(7), 45-50.

https://bungrandhy.wordpress.com/2013/01/12/teori-keagenan-agency-theory