MODEL PILIHAN TRANSJAKARTA DENGAN PERBAIKAN WAKTU TEMPUH PENGGUNA JALAN GAJAH MADA DENGAN PENERAPAN ERP

Main Article Content

Rini Martini
Najid Najid

Abstract

Transjakarta is one of the public transportation facility provided by Indonesian government to decrease of the traffic in Jakarta, but when this government is planning to implement new traffic rules ERP (Electronic Road Pricing) or streed paid. In this study, will be discussed about the condition on jl. Gajah Mada, segment road is an access to the road towards the center of the shopping and office. To analyze the volume of vehicles will be used method of observation directly to obtain the volume, speed and traffic density. Direct observation is done by paying attention to private vehicles and heavy vehicles. With the observation data will get a graph of the relationship between speed and density that will be modified eith questionnaire data. Questionnaire data is distributed to get the percentage of Transjakarta with feeder total round trip cost with travel time. In this study it is expected to know the percentage of private vehicle users who will switch to Transjakarta with their feeders after the ERP (Electronic Road Pricing) implemented on the Gajah Mada street.

 

 ABSTRAK

Transjakarta yakni salah satu sarana transportasi publik yang diberikan pemerintah Indonesia untuk mengatasi kepadatan lalu lintas di Jakarta, namun saat ini pemerintah berencana untuk menerapkan aturan lalu lintas baru yaitu ERP (Electronic Road Pricing) atau jalan berbayar. Pada penelitian ini akan dibahas mengenai kondisi lalu lintas Jl. Gajah Mada, ruas jalan ini merupakan akses pengguna jalan untuk menuju pusat perbelanjaan dan perkantoran. Untuk menganalisa volume kendaraan akan digunakan metode observasi langsung untuk mendapatkan volume, kecepatan dan kepadatan lalu lintas. Observasi langsung dilakukan dengan memperhatikan kendaraan bermotor roda empat dan dua serta kendaraan berat. Dengan data observasi akan didapat grafik hubungan antara kecepatan dan kepadatan yang akan dimodifikasi dengan data kuesioner. Data kuesioner disebar untuk mendapatkan presentase perbaikan total biaya pulang-pergi dengan waktu tempuh bus Transjakarta dengan feedernya. Pada penelitian ini diharapkan dapat mengetahui presentase pengguna kendaraan pribadi yang akan beralih ke Transjakarta dengan feedernya setelah diberlakukannya ERP (Electronic Road Pricing) di ruas Jalan Gajah Mada.

Article Details

Section
Articles

References

Abubakar, Iskandar. "Manajemen Lalu Lintas". jakarta: TRANSINDO Gastama Media, 2012.

Marga, Direktorat Jendral Bina. "Manual Kapasitas Jalan Indonesia". 1997.

Putra , Agung Nugroho. “Stated Preference Kebutuhan Angkutan”. (2015). Web. 7 Juni. 2020.

Rompis, Semuel Y.R. dan Freddy Jansen. “Pengaruh Penerapan Road Pricing Pada Ruas Jalan”. Sipil Statik (2019): 103-112. Web. 23 Juni. 2020.

Senapati, Randy. “Pengaruh Electronic Road Pricing Terhadap Volume Lalu Lintas Pada Ruas Blok M-Kota.” (2020).

Saksono, Bani, Darmaningtyas dan Achmad Izzul Waro. Manajemen Transjakarta Busway. Jakarta: Transindo Gastama Media, 2012.

Susantono, Bambang. "Electronic Road Pricing (ERP) Salah Satu Solusi Masalah Kemacetan di Kota Jakarta". Jakarta: Buletin Tata Ruang, 2008. Web. 23 Februari. 2020.

Susilo, Budi Hartanto dan Apriyanto Leontan. “Kajian Operasi Bus Rapid Transit Transjakarta dan Transmilenio Bogota”. (2007). Web 23 Juni. 2020.