ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN COLUMN HEAD PADA SISTEM FLAT SLAB DENGAN DROP PANEL

Main Article Content

Damai Reformasi Gea
Edison Leo

Abstract

Proyek konstruksi dewasa ini mengalami banyak perkembangan  yang membuat setiap pekerja proyek berbondong-bondong melakukan inovasi. Salah satu inovasi terkini pada proyek kontruksi terdapat pada perancangan pelat lantai. Pada mulanya perancangan pelat lantai di desain dengan metode konvensional dimana metode ini membutuhkan biaya dan waktu yang tinggi. Sehingga para pekerja konstruksi berinovasi untuk merancang sebuah pelat tanpa memakan banyak biaya dan waktu. Hasil inovasi itu ditemukan salah satu metode perancangan pelat yang sering disebut flat slab.Tujuan dari penelitian ini ialah melihat pengaruh geser dan momen pada flat slab jika kita menggunakan drop panel dan column head pada kolom. Analisis ini menggunakan metode pendekatan pelat dan metode elemen hingga. Dimana pendekatan Pelat menggunakan metode portal ekivalen.

Article Details

Section
Articles

References

ACI Committe 213R-79. (1979). “Guide for Structural Lightweight Aggregate Concrete”, ACI Manual of Concrete Practice.

Chavan, G. R. dan Tande, S. N. (2016). “Analysis and Design of Flat Slab”. International Journal of Latest Trends in Engineering and Technology.

Gregor, J.G.M., (1997), Reinforced Concrete Mechanics and Designs, Third Edition. Prentice Hall, Inc. Upper Saddle River, New Jersey.

R.S.More1, V. S. Sawant2, Y. R. Suryawanshi3 (2013). “Analytical Study of Different Types of Flat Slab Subjected to Dynamic Loading”. India.

SNI 2847, (2013). “Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung”. Jakarta.

Tilva, V.K. (2016). “Cost Comparison Between Flat Slab with Drop and Without Drop in Four Storey Lateral Load Resisting Building”. National Conference on Recent Trends in Engineering & Technology.