ANALISIS FAKTOR MANAJEMEN PROYEK DOMINAN YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN PROYEK INFRASTRUKTUR DI DAERAH PEDESAAAN

Hansen Hansen, Basuki Anondho
| Abstract views: 60 | views: 71

Abstract

Berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) yang dikeluarkan Kementerian Desa Tahun 2015, terdapat 61% desa di 122 daerah (kabupaten) tertinggal tergolong sangat tertinggal dan 28% tergolong tertinggal. Munculnya daerah tertinggal disebabkan karena adanya kesenjangan pembangunan antara desa dan kota di Indonesia. Untuk mengurangi kesenjangan pembangunan diperlukan pembangunan daerah tertinggal. Salah satunya adalah melakukan pembangunan infrastruktur di daerah tertinggal yang telah ditetapkan oleh Kementerian Desa dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Manajemen proyek konstruksi di desa dapat menjadi tantangan karena sumber daya yang sangat terbatas, faktor risiko yang unik, lokasi terpencil, dan kurangnya ahli manajemen konstruksi. Dalam pelaksanaannya akan muncul berbagai macam masalah yang dipengaruhi oleh faktor-faktor pengaruh. Karakteristik pedesaan yang berbeda-beda menyebabkan adanya kemungkinan faktor pengaruh terhadap pelaksanaan konstruksi dapat berbeda. Penelitian ini akan mengidentifikasi faktor-faktor manajemen proyek dominan yang mempengaruhi pelaksanaan proyek pembangunan infrastruktur di daerah pedesaan. Penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada manajer kontraktor dari Kementerian Desa yang pernah terlibat dalam proyek infrastruktur jalan, jembatan, dan embung di suatu daerah pedesaan. Analisis data dilakukan dengan metode analisis faktor yang perhitungannya menggunakan program SPSS. Hasil menunjukkan bahwa faktor-faktor manajemen proyek dominan yang mempengaruhi pelaksanaan proyek pembangunan infrastruktur di daerah pedesaan adalah komunikasi, teknologi, biaya, kondisi cuaca, material, dokumentasi, dan skala kontraktor.

Keywords

manajemen proyek; proyek konstruksi; infrastruktur; desa

Full Text:

PDF

References

Anondho, Basuki. (2018). Faktor Fisiologis Terukur Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Konstruksi. Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Badan Pusat Statistik Jakarta. (2015). Banyaknya Perusahaan Konstruksi Menurut Provinsi dan Skala Perusahaan. https://www.bps.go.id/dynamictable/2015/09/19/920/jumlah-perusahaan-konstruksi-menurut-provinsi-dan-jenis-golongan-perusahaan-2000---2016.html (di akses 14 juni 2019).

Ervianto, I. W. (2005). Manajemen Proyek Konstruksi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi

Hidayat, A. (2012). Pengertian dan Penjelasan Penelitian Kuantitatif – Lengkap. https://www.statistikian.com/2012/10/penelitian-kuantitatif.html/amp (di akses 17 Juni 2019).

Kementerian Desa. (2015). Buku Data dan Informasi Penyiapan Pembangunan Daerah Tertinggal. Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Kementerian Desa. (2015). Buku Data dan Informasi Perkembangan Daerah Tertentu (Daerah Perbatasan). Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Kementerian Desa. (2015). Rencana Strategis Pengembangan Daerah Tertentu Tahun 2015-2019. Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Kermanshachi, S., Safapour, E., Anderson, S., Molenaar, K., dan Schexnayder, Cliff. (2018). “Development of The Cost Baseline for Achieving Excellence in Rural Transit Facilities”. Transportation Research Board 98th Annual Conference.

Lin, X., Guo, R., dan Ling, J. (2010). “The Analysis and Recommended Solutions for Rural Roads in China”. GeoShanghai 2010 International Conference, Paving Materials and Pavement Analysis, 517-522.

Priyatno, Duwi. (2019). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: Andi.

Project Management Institute. (2017). A Guide to The Project Management Body of Knowledge, (PMBOK® Guide) Sixth Edition. Jakarta: PMI Indonesia Chapter.

Ramli, M. Z., Malek, M. A., Hanipah, M. H., Lin, C. L., Sukri, M. F. M., Zawawi, M. H., Abidin, M. Z. Z., dan Fuad, N. F. S. M. (2018). “Study of Factors Influencing Construction Delays at Rural Area in Malaysia”. Journal of Physics: Conference Series, Vol. 1049(1):012017.

Randolph, D. A., Abudayyeh, O., dan Menendez, M. (2003). “Role of The Engineer in Rural Municipalities”. Journal of Management in Engineering, Vol. 19(3), 92-97.

Tran, D. G., Hallowell, M. R., dan Molenaar, K. R. (2015). “Construction Management Challenges and Best Practices for Rural Transit Projects”. Journal of Management in Engineering, Vol. 31(5), 1-9.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.