KAJIAN TIGA RUMUS ANGKUTAN SEDIMEN MELAYANG SUNGAI SERAYU DIBANDINGKAN DENGAN HASIL LABORATORIUM

Main Article Content

Reynaldo Reynaldo
Wati Asriningsih Pranoto

Abstract

Sungai Serayu adalah salah satu sungai terpanjang di pulau jawa dengan panjang sungai utama mencapai 180 km. Sungai Serayu mempunyai debit aliran yang cukup besar sehingga dapat membawa berbagai ragam partikel hasil dari erosi. Penelitian akan berfokus pada angkutan sedimen melayang (suspended load). Penelitian akan dilakukan di lLaboratorium dan akan dibandingkan dengan pendekatan rumus Einstein’s ; Lane dan Kalinske’s ; Chang, Simon dan Richardson’s. Penelitian Laboratorium dikakukan pada  sirkular flum menggunakan sampel berupa lumpur yang diambil pada muara Sungai. Hasil percobaan Laboratorium menghasilkan kisaran debit angkutan sedimen melayang sebesar 0.0004 – 0.0014 kg/s/m dari debit air 0.0022 – 0.0031 m3/s. Dari ke-3 pendekatan rumus, yang paling mendekati dengan hasil Laboratorium adalah pendekatan Chang, Simon, and Richardson’s.

Article Details

Section
Articles

References

Diansari, R. (2014) “Analisis Perhitungan Muatan Sedimen (Suspended Load) pada Muara Sungai Lilin Kabupaten Musi – Banyuasin”, Jurnal Tenik Sipil dan Lingkungan Vol. 2, 225-230.

Pratiwi, Y. (2014) “Analisis Konsentrasi dan Laju Angkutan Sedimen Melayang pada Sungai Sebalo di Kecamatan Bengkayang”. PRISMA FISIKA, Vol. V, 99-105.

Profil Balai Besar Sungai Wilayah Serayu-Opak (2016), Direktorat Jendral Sumber Daya Air Departemen Pekerjaan Umum.

Sengupta, S.M. (1994) Intoduction to Sedimentology. Indian Institute Of Technology Kharagpur, India.

Sudira, I. W. (2013) “Analisis Angkutan Sedimen pada Sungai Mansahan”, Jurnal Ilmiah MEDIA ENGINEERING Vol.3, 54-57.

Wentworth C.K., (1992) “A Scale of Grade and Class Terms For Clastic Sediments”, Journal of Geology Vol. 30, 377-392