STUDI KEGAGALAN PADA TIANG BOR TERINSTRUMENTASI PADA PROYEK DI KAWASAN SUDIRMAN

Nurdiyanto Surya Graha Putra, Sunarjo Leman, Ali Iskandar
| Abstract views: 29 | views: 39

Abstract

Fondasi merupakan suatu bagian struktur yang sangat penting dan krusial dalam suatu bangunan konstruksi. Dalam perencanaannya fondasi tiang bor harus memenuhi dua kriteria yang sangat penting, yaitu penurunan dan daya dukung tanah. Suatu tiang bor dapat dipasang suatu instrumen untuk mengetahui regangan atau strain yang terjadi pada saat tiang dibebani dimana regangan atau strain yang dihasilkan dapat menghasilkan nilai gaya beban atau daya dukung yang dapat dibandingkan dengan perhitungan daya dukung secara teoritis. Jenis instrumen yang biasa dipakai adalah VWSG dan Tell Tale Extensometer, yang dibahas dalam karya ilmiah ini adalah VWSG yang merupakan suatu instrumen yang berguna untuk mengetahui distribusi beban dan perilaku tiang pada saat tiang dibebani. Peran polimer sangat penting dalam pelaksanaan pembuatan fondasi tiang bor, karena berguna untuk menstabilisasikan lereng agar tidak longsor. Kegagalan tiang fondasi terkadang masih dapat ditemui dalam suatu konstruksi gedung, peninjauan yang dapat dilakukan untuk menganalisis kegagalan yang terjadi yaitu dengan meninjau kondisi parameter tanah pada lokasi proyek tersebut, memodelkan kondisi tiang dengan  melihat perilaku interface antara tanah dengan polimer dan dengan beton dengan tiga beban normal yang berbeda berdasarkan percobaan praktikum direct shear test, dan menguji integritas tiang tersebut. Berdasarkan analisis yang dilakukan didapat suatu kesimpulan mengenai penyebab kegagalan tiang yang ditinjau.

Keywords

tiang bor; polimer; VWSG; direct shear; interface

Full Text:

PDF

References

Ayal, M.E. (2015). Studi Mekanisme Transfer Beban Pada Tiang Bor Berinstrumen Berdasarkan Uji Laboratorium Dan Data Lapangan. Jurnal Teknologi. Vol. 12. No. 2 (Oktober 2015): 2087-2096.

Budhu, M. (2015). Soil Mechanics Fundamentals Imperial version. New York: John Wiley & Sons.

Carlos, L. dan Stephan A.J. (2015). Performance of Bored Piles Construction Using Polymer Fluids: Lesson from European Experience. Journal of Performance of Constructed Facilities (Juli 2015).

Rahardjo, P.P. (2005). Manual Pondasi Tiang Edisi 3. Bandung: Publikasi GEC, Universitas Katolik Parahyangan.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.