STABILITAS DINDING PENAHAN TANAH DENGAN GROUND ANCHOR DAN METODE PELAKSANAANNYA PADA KONDISI IN-SITU DAN JENUH

Albert Aldo, Alfred Jonathan Susilo
| Abstract views: 28 | views: 46

Abstract

Pencegahan kelongsoran pada tanah merupakan hal yang penting dalam dunia konstruksi, salah satu contoh pencegahannya adalah dengan menggunakan dinding penahan tanah. Dinding penahan tanah berfungsi untuk menahan beban lateral serta menyokong tekanan tanah dan air. Faktor terpenting dalam merencanakan dan membangun dinding penahan tanah adalah mengusahakan agar dinding penahan tanah tidak mengalami perpindahan yang melebihi batas ijin akibat gaya lateral, sehingga dinding penahan tanah harus diberikan perkuatan oleh ground anchor untuk menahan beban lateral dari timbunan tanah di belakang dinding penahan tanah. Kondisi tanah pada saat jenuh maupun tidak jenuh mempengaruhi keruntuhan yang dapat terjadi. Selain itu metode pelaksanaan konstruksi saat pemasangan ground anchor juga mempengaruhi yang dapat terjadi. Pada analisis ini metode yang digunakan yaitu metode analisis stabilitas pada dinding penahan tanah dengan pengecekan terhadap guling, geser, dan daya dukung tanah. Setelah itu dilakukan interpretasi hasil analisis pada kedua kondisi tanah dan berbagai metode pelaksanaan konstruksi pemasangan ground anchor untuk mengetahui faktor keamanan dari defleksi yang terjadi. Analisis ini mengkaji pada kondisi tanah apa serta pengaruh metode pelaksanaan konstruksi dari ground anchor yang akan mengalami keruntuhan paling besar.

Keywords

ground anchor; in-situ; jenuh; dinding penahan tanah; derajat kejenuhan

Full Text:

PDF

References

Badan Standardisasi Nasional. (2017). “SNI Geoteknik 8460:2017 - Persyaratan Perancangan Geoteknik”. Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.

FHWA. (1999). “Geotechnical Engineering Circular No.4 Ground Anchor and Anchorage Systems”. US Department of Transportation, Washington D.C.

Hardiyatmo, H.C. (2010). “Analisis dan Perancangan FONDASI bagian II”. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Xanthakos, P.P. (1991). “Ground Anchors and Anchored Structures”. John Wiley & Sons, New York.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.