ANALISIS PENGARUH HAMBATAN SAMPING AKIBAT AKTIVITAS TATA GUNA LAHAN DI JALAN MH. THAMRIN TANGERANG DAN JALAN RAYA SERPONG

Deril Kristiawan, Najid Najid
| Abstract views: 84 | views: 302

Abstract

Kemacetan lalu lintas adalah salah satu masalah yang selalu ada di kota besar dan industri khususnya Tangerang. Seperti terlihat pada ruas Jalan MH. Thamrin Tangerang dan Jalan Raya Serpong (200m) yang menjadi salah satu contoh ruas yang mengalami kemacetan .Dalam studi ini hambatan samping sangat berpengaruh pada kinerja lalu lintas, karena semakin tinggi hambatan samping akan berpengaruh terhadap volume kendaraan ,dan kecepatan kendaraan . Data yang di gunakan untuk mengetahui hambatan samping tersebut adalah dengan cara mengitung jumlah hambatan samping, volume lalu lintas,kecepatan rata-rata kendaraan dan tata guna lahan untuk mengetahui hambatan tersebut harus diadakan survey dan mengolah data hasil survey dengan cara Pearson Correlation ,agar dapat mengetahui hambatan yang paling berpengaruh pada volume dan kecepatan kendaraan. Diperoleh korelasi paling erat yaitu korelasi antara hambatan samping dengan pejalan kaki dengan R = 0.95 pada sore hari dijalan Raya Serpong.

Keywords

Hambatan Samping, Kemacetan, Volume Kendaraan

Full Text:

PDF

References

Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

Kusbiantoro, B. S. (2007). Perencanaan, Pemodelan dan Rekayasa Transportasi. Bandung

Marunseng, G. S. (2015). Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Pada Ruas Jalan Panjaitan dengan Menggunakan Metode MKJI 1997.Manado.

Morlok, E.K. (1981). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Erlangga, Jakarta

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung

Tamin, O.Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi kedua. Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung, Bandung

Wibawa, B.A. (1996). Tata Guna Lahan dan Transportasi Dalam Pembangunan Berkelanjutan. Universitas Diponegoro, Semarang.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.