PENENTUAN KAPASITAS JALAN ENAM LAJUR DUA ARAH TERBAGI DAN TAK TERBAGI DENGAN METODE MKJI, KONSEP PKJI, DAN SURVEI

Dennis Anugrah Kurniawan, Najid Najid
| Abstract views: 62 | views: 41

Abstract

Dalam perkembangannya Indonesia mempunyai pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi sehingga hal tersebut akan langsung berdampak kepada kinerja lalu lintas. Hal ini membuat pemerintah membuat sebuah konsep baru untuk menghitung nilai kapasitas jalan dan kecepatan arus bebas yaitu dengan konsep PKJI yang diharapkan sebagai penggan MKJI yang telah digunakan sejak tahun 1997. Jumlah penduduk jelas berpengaruh sangat besar terhadap nilai kapasitas jalan dan kecepatan arus bebas dikarenakan dengan perbedaan jumlah penduduk maka akan berbeda mulai dari perilaku pengemudi dan populasi kendaraannya. Sedangkan hambatan samping merupakan dampak terhadap kinerja lalu lintas yang berasal dari aktivitas samping segmen jalan.Hambatan samping yang pada umumnya mempengaruhi kapasitas jalan adalah pejalan kaki, kendaraan parkir dan berhenti,kendaraan keluar-masuk dan kendaraan tidak bermotor. Jalan Bungur Besar Raya, Jalan Danau Sunter Selatan, Jalan Biak Roxy , Jl Hj. Encep Nawawi dijadikan wilayah studi pada penelitian ini terkait beberapa hal, di antaranya adalah pada ruas jalan tersebut terdapat beberapa penggunaan tata guna lahan yang berbeda, dan belum adanya penelitian tentang pengaruh hambatan samping, dan ukuran kota terhadap volume dan kecepatan lalu lintas di ruas jalan tersebut.Penelitian dilakukan dengan cara survei volume lalu lintas harian. Data primer yang digunakan adalah volume lalu lintas, jumlah hambatan samping, dan kecepatan rata-rata kendaraan. Data-data tersebut diolah dengan metode Green Shield untuk mendapatkan nilai kapasitas dari survei untuk dibandingkan dengan MKJI.

Keywords

Ukuran kota, Hambatan Samping, Volume Lalu Lintas, Kecepatan Lalu Lintas, Kapasitas.

Full Text:

PDF

References

Direktoral Jendral Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Direktorat Bina Jalan Kota, Direktorat Bina Marga RI dan SWEROAD, Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI), Jakarta.

Lalenoh, H dan Rusdianto, (2015). Analisa Kapasitas Ruas Jalan Sam Ratulangi.

Miro, F. (2005). Perencanaan Transportasi untuk Mahasiswa, Perencana, dan Praktisi. Erlangga, Jakarta.

Najid. (2015). Evaluasi Penentuan Kapasitas Jalan Berdasarkan Metode MKJI. FT. Teknik Sipil Universitas Tarumanagara, Jakarta.

Najid. (2016). Evaluasi dan Penentuan Nilai Satuan Mobil Penumpang Pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia. FT. Teknik Sipil Universitas Tarumanagara, Jakarta.

Pemerintah Indonesia. (2004). Undang-Undang No. 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. Lembaran Negara RI Tahun 2004, No. 38. Sekretariat Negara, Jakarta.

Tamin, O.Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi kedua. Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung, Bandung.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.