STUDI PERUBAHAN DAYA DUKUNG TIANG PANCANG TERHADAP WAKTU BERDASARKAN UJI PEMBEBANAN STATIK DAN DINAMIK

Main Article Content

Gerraldi Pratama
Aksan Kawanda
Hendy Wijaya

Abstract

Pondasi tiang telah menjadi salah satu pilihan dalam suatu proyek infrastruktur dikarenakan fondasi tiang berfungsi meneruskan beban dari struktur diatasnya menuju lapisan tanah. Salah satu pilihan pondasi tiang adalah pondasi tiang pancang. Dalam proses desain untuk mencari daya dukung pondasi tiang terdapat beberapa kombinasi rumus baik di tanah pasir ataupun lempung, diantaranya adalah Meyerhof 1976, Lambda, Alpha, Beta, Tomlinson, Coyle Castello, Meyerhof 1956 dan deRuiter&Beringen. Hasil daya dukung dari rumus tersebut perlu diuji dilapangan dengan pembebanan statik dan dinamik. Kemudian untuk tiang pancang terdapat faktor yang mempengaruhi daya dukung salah satunya faktor soil setup. Hasil Analisis menunjukan tiang pancang yang terpasang pada tanah di daerah Cirebon dengan ukuran 400mm, 600mm dan 762mm dengan jenis spun pile dan steel pipe pile memiliki kecenderungan peningkatan daya dukung dengan kisaran 18-33% berdasarkan uji pembebanan statik dan dinamik selama 7 hari, dan memiliki peningkatan sebesar 10% selama 92 hari setelahnya. Analisis rumus pendekatan peningkatan daya dukung Skov&Denver juga menunjukan dapat dipakai pada kondisi tanah Cirebon. Sedangkan rumus perhitungan teoritis dapat digunakan dalam perhitungan daya dukung tiang, dapat sesuai dengan pembebanan statik dan dinamik pada waktu yang pendek ataupun hasil perhitungan teoristis akan tercapai dalam waktu yang lama terlihat dari pola yang terbentuk.

Article Details

Section
Articles

References

Coyle, Harry M., Reno R. Castello. (1981). “New Design Correlations for Piles in Sand”. Journal of Geotechnical and Geoenvironmental Engineering 107.ASCE 16379.

Meyerhof G.G. (1976). “Bearing Capacity and Settlement of Pile Foundations”, ASCE: Journal Geotechnical and Geoenvironmental Engineering Division. Vol. 102, No. GT 3.

Mulyono, T., S. Musalamah., and N. Hanifah. (2018). “Aktualisasi Kapasitas Daya Dukung Aksial Pondasi Tiang Pancang Berdasarkan Parameter Tanah dan Static Loading Test”. Jurnal Kajian Teknil Sipil Volume 3 No.1.

Rahardjo, Paulus P. (2013) “Manual Pondasi Tiang, Edisi 4”. Bandung: DFRI Universitas Parahyangan.

Schwab, Klaus. (2017) “The Global Competitiveness Report 2017-2018”. Geneva: World Economic Forum.

Skov, Rikard, and Hans Denver. (1988). “Time-Dependence of Bearing Capacity of Piles”. Proc. Third International Conference on the Application of Stress-Wave Theory to Piles. Ottawa.

Standar Nasional Indonesia 8460:2017 tentang Persyaratan Perancangan Geoteknik.

Tomlinson, M.J. (1994). Pile Design and Construction Practice. 4th Edition. London: E&FN Spon.

Widjaja, Budianto. (2007). “Peningkatan Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Pada Tanah Pasiran dan Kelempungan Studi Kasus Porto dan Jakarta”. Media Komunikasi Teknik Sipil. Tahun 15, No.2.