ANALISIS PEMANCANGAN TIANG PADA KONSTRUKSI OFFSHORE PELABUHAN DI PULAU JAWA TERHADAP SCOURING EFFECT

Main Article Content

Mega Rukmana
Chaidir A Makarim

Abstract

Penggunaan pondasi tiang pancang banyak digunakan pada perencanaan konstruksi dimana bangunan bertemu dengan air seperti bangunan lepas pantai (offshore). Analisis perencanaan yang tepat harus dilakukan agar bangunan lepas pantai terbebas dari kegagalan yang tidak diinginkan. Dalam perencanaannya diperlukan adanya analisis terhadap kemungkinan terjadinya gerusan (scouring) dan energi pemancangan (driveability). Dengan menganalisis hal tersebut pada pondasi tiang, dapat diketahui kapasitas tiang yang lebih tepat lagi untuk digunakan dalam perencanaan konstruksi offshore. Pemancangan tiang dengan menggunakan alat yang tepat juga tidak luput dari peranan pukulan yang diberikan oleh energi hammer. Dengan mengetahui tegangan yang terjadi selama pemancangan tiang, overstress dan overtension pada tiang dapat dihindari. Dari hasil simulasi yang dilakukan dapat dibahas dan diambil kesimpulan tentang integritas dan kapasitas tiang itu sendiri.

Article Details

Section
Articles

References

Das, B. (1995). Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Budhu, M. (2000). Soil Mechanics and Foundations. Unites States of America: John Wiley & Sons, Inc.

LPILE 2018 – User’s Manual. (2018). A Program to Analyze Deep Foundations Under Lateral Loading. Texas: Ensoft,Inc.

Lujito, Purwantoro. D., dan Sudiyono. (2015). Gerusan di Sekitar Dua Pilar Jembatan dan Upaya Pengendaliannya. Peneltian, Universitas Negeri Yogyakarta.

Miller, W. (2003). Model For The Time Rate Of Local Sediment Scour At A Cylindrical Structure. Disertasi, University of Florida.

Sardjono H.S. (1984). Teknik Pondasi Bagian 1, Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.