ANALISIS STRUKTUR JEMBATAN BOX GIRDER DENGAN PENAMPANG KURVA PARABOLIK SINGLE CELL

Main Article Content

Jason Ongkosurya
FX Supartono

Abstract

Box Girder adalah salah satu kompenen penting dari sekian banyak komponen struktur dari pembuatan jembatan segmental box girder yang berperan dalam menyalurakan gaya yang diterima dari lapisan perkerasan ke pier (kolom). Bentuk dari box girder sangat mempengaruhi ketahanan dan kekuatan dari suatu jembatan, serta effisiensi dari jembatan. Merubah bentuk dari box girder akan mempengaruhi inersia, beban sendiri, perletakan tendon. Yang menjadi komponen utama dalam perancangan jembatan post – tension box girder. Dengan bantuan program MIDAS CIVIL 2019 akan dianalisa  gaya, berat sendiri. Lendutan dan jumlah tendon yang terjadi serta perubahannya akibat perubahan bentuk box girder.

Article Details

Section
Articles

References

AASHTO 2014 LRFD Bridge Design Specifications.

Chandra, C., (2019). “Kekuatan Geser Single Shear Key dan Multiple Shear Key pada Jembatan Segmental Single Cell Box Girder Bentang Panjang”. Skripsi, Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara, Jakarta.

Edison, L., (2018). Bahan Kuliah Konstruksi Konstruksi Beton Lanjutan Struktur Beton Prategang, Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara, Jakarta.

Koseki, K., dan Breen, J. E. Exploratory Study of Shear Strength of Joint for Precast Segmental Bridges, Research Rep. No. 248-1. Texas: The Universitas Texas.

Lin, T.Y. (2000). Desain Struktur Beton Prategang. Jakarta: Binarupa Aksara.

Podolny and Muller. (1982). Construction and Design of Prestressed Concrete Segmental Bridges. John Wiley&Son, Canada.

Prasetya, Wiratma A., Elvira, dan Gatot Setya Budi. (2016). “Perhitungan Jembatan Layang dengan Tipe Box Girder Beton Prategang untuk Pertemuan Jalan Mayor Alianyang dan Jalan Soekarno Hatta Kabupaten Kubu Raya”. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Rizkia, Selvia Rahma. (2017). “Analisis Perbandingan Kehilangan Prategang Akibat Metode Stressing Satu Arah dan Dua Arah pada Jembatan Beton Prategang”. Lampung: Universitas Lampung.

RSNI T 12-2004 Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatan.

Soegiarso, R. (2018). “Bahan Kuliah Struktur Jembatan, Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara, Jakarta”.

Sullivan, S. R. (2013). “Behavior of Transverse Joint in Precast Deck Panel System”, MSc. Thesis. Ohio: College of Engineering and Technology of Ohio University.

Soetoyo. (2017), Bahan Kuliah Konstruksi Beton Pratekan, Fakultas Teknik Gunadarma, Jakarta.

SNI 1725:2016 Pembebanan untuk Jembatan