ANALISIS CREEP TERHADAP WAKTU PADA TANAH DASAR DALAM PROYEK REKLAMASI BANDARA KANSAI INTERNATIONAL AIRPORT
Main Article Content
Abstract
Bandara Kansai International Airport adalah salah satu bandara di Jepang yang dibangun di tengah laut. Pembangunan ini dilakukan karena banyaknya protes penduduk terhadap polusi udara yang akan ditimbulkan bila pembangunan bandara dilaksanakan di tengah pemukiman penduduk. Mengingat bandara ini dibangun di tengah laut dengan tanah dasar lempung, maka salah satu permasalahan yang harus dihadapi adalah creep. Creep adalah kondisi dimana tanah mengalami penurunan akibat beban statik di atasnya dalam jangka waktu panjang. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar creep yang terjadi pada tanah dasar bandara Kansai International Airport dengan menggunakan program Settle 3D. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa pentingnya memperhatikan creep dalam pembangunan konstruksi mengingat bahwa creep tidaklah kecil.
Article Details
References
Kansai International Airport Co. Ltd. (KIAC) dan Kansai International Airport Land Development Co. Ltd.(KALD), 2005
Watabe, Y.,et.al. Variability of Physical and Consolidation Test Results for Relatively Uniform Clay Samples Retrieved from Osaka Bay. Japanese Geothecnical Society. Vol 47. No.4 (Agustus 2007):701-716
Tanaka, H. and Locat, J. (1999). A microstructural investigation of Osaka Bay clay: the impact of microfossils on its mechanical behavior. Can. Geotech. J., 36, 493-508