ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERJALANAN BELANJA TERHADAP PILIHAN LOKASI BELANJA KEBUTUHAN SEHARI-HARI DI JABODETABEK

Pamela Anggita, Leksmono Suryo Putranto
| Abstract views: 104 | views: 207

Abstract

Transportasi terjadi karena adanya keharusan manusia untuk memenuhi kebutuhannya yang tidak dapat dipenuhi ditempatnya saat itu berada. Kegiatan berbelanja kebutuhan sehari-hari merupakan salah satu aktivitas pemenuhan kebutuhan yang dilakukan secara rutin. Tanpa disadari perjalanan belanja merupakan salah satu variabel penting yang berpotensi untuk meningkatkan jumlah perjalanan lalu lintas. Wilayah jabodetabek merupakan kawasan dengan perkembangan penduduk dan teknologi terpesat di Indonesia. Perkembangan teknologi baru dan tren konsumsi memiliki dampak penting terhadap perilaku perjalanan belanja. Karakteristik perjalanan belanja dibagi menjadi dua bagian yaitu karakteristik belanja dan karakteristik toko penyedia kebutuhan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui variabel yang paling mempengaruhi perjalanan belanja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat ukur kuesioner yang disebarkan secara langsung dan secara online. Didapatkan sebanyak lima puluh enam responden untuk kuesioner langsung dan enam puluh sembilan responden untuk kuesioner online. Data dianalisis menggunakan one sample t-test dan korelasi pearson untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor-faktor yang diduga mempengaruhi pilihan lokasi belanja kebutuhan sehari-hari dan latar belakang responden terhadap pilihan lokasi belanja. Berdasarkan hasil penelitian, jenis produk belanja memiliki pengaruh paling besar dalam pemilihan lokasi belanja kebutuhan sehari-hari. Jika dibandingkan dengan responden pria, hal tersebut paling berpengaruh kepada responden wanita.

Kata kunci: pilihan lokasi belanja, perjalanan belanja, karakteristik belanja, karakteristik toko.

Keywords

pilihan lokasi belanja, perjalanan belanja, karakteristik belanja, karakteristik toko.

Full Text:

PDF

References

Arredondo, E. M., Elder, J. P., Ayala, G. X., Campbell, N., Baquero, B. dan Duerksen, S. (2006). “Is Parenting Style Related to Children’s Healthy Eating and Physical Activity in Latino Families?”. Health Education Research, 21, 862-871. doi:10.1093/her/ cyl110.

Bawa, K. dan Ghosh, A. (1999). “A Model of Household Grocery Shopping Behavior”. Marketing Letters, 10, 149-160.

Boerkamps, J.H., van Binsbergen, A.J., Bovy, P.H.L. (2000). “Modeling Behavioural Aspects of Urban Freight Movement in Supply Chains”. Transportation Research Record, 1725,.17-25.

Goswami, Paromita dan Mishra, Mridula S. (2008). Would Indian Consumers Move From Kirana Stores to Organized Retailers When Shopping for Groceries?”. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics. DOI 10.1108/135558509101926281.

Gonzales-Feliu, J., Toilier, F., Routhier, J.L. (2010). “End Consumer Goods Movement Generation in French Medium Urban Areas”. The Sixth International Conference on City Logistics. Elsevier Ltd, 1877-0428.

Guy, C.M., Wringley, N., (1981). A Long-Term Grocery Shopping Diary Survey in Cardiff. Social Science Research Council.

Hampson, D.P., McGoldrick, P.J. (2013). “A Typology of Adaptive Shopping Patterns in Recession”. Journal of Business Research, 66(7), 831-838.

Hartman Group National Syndicated Research. (2018). Food Shopping in America 2017 Report Overview. Amerika: Hartman Group.

Kirby-Hawkins, E. (2016). Designing a Location Model for Face to Face and On-Line Retailing for the UK Grocery Market. ProQuest Dissertations Publishing, 10662053.

Larson, N. I., Story, M., Eisenberg, M. E. dan Neumark-Sztainer, D. (2006). “Food Preparation and Purchasing Roles Among Adolescents: Associations with Sociodemographic Characteristics and Diet Quality”. Journal of the American Dietetic Association, 106, 211-218. doi:10.1016/j.jada.2005.10.029.

Lotoski, L.C., Engler-Stringer, R., Muhajarine, N. (2015). Cross-Sectional Analysis of a Community-Based Cooperative Grocery Store Intervention In Saskatoon, Canada. Canadian Journal of Public Health, 106(3), 147–153.

Rotem-Mindali, O., Weltevreden, J.W.J. (2013). “Transport Effect of E-Commerce: What Can Be Learned After Years Of Research?”. Transportation, 40, 867-885.

Routhier, J.L., Traisnel, J.P., Gonzales-Felius, J., Henriot, F., & Raux, C. (2009). ETHEL-II. Rapport final. (dikutip pada Sun, Y.L., TARIGAN, A., Waygood, A., Wang, D.H., 2017. Diversity in Diversification: an Analysis of Shopping Trips in Six-Week Travel Diary Data. Journal of Zhejiang University-SCIENCE A (Applied Physics & Engineering), ISSN 1862-1775 (Online)).

Smith, M.F., Carsky, M.L. (1996). “Grocery Shopping Behaviour: a Comparison of Involved and Uninvolved Consumers”. Journal of Retailing and Consumer Services, Vol. 3 No. 2, pp. 73-80.



Refbacks

  • There are currently no refbacks.