ANALISIS GAYA LATERAL PADA TIANG AKIBAT PENAMBAHAN TIMBUNAN DI PROYEK JALAN TOL JAKARTA

Marcello Dicky Wijaya, Aniek Prihatiningsih, Josephine Aristiti Setyarini
| Abstract views: 92 | views: 101

Abstract

Pada salah satu jalan tol di Jakarta menggunakan konstruksi pile slab tiang pancang sepanjang 200 m. Tiang yang digunakan adalah tiang spun pile beridameter 600 mm. Tiang akan dipancang sampai ke tanah keras dengan dengan rentang kedalaman 12 m sampai 15 m dan memiliki free standing tiang setinggi 5 m diatas tanah eksisting. Ketinggian timbunan ini beragam, mulai dari 1 m hingga 4 m diatas tanah eksisting. Metode analisis yang digunakan untuk menghitung besarnya perpindahan horizontal dalam penulisan ini adalah metode elemen hingga. Berdasar pada hasil analisis, pemberian timbunan ini terbukti dapat meningkatkan tahanan lateral tiang sehingga perpindahan horizontal pada tiang semakin kecil. Pemberian timbunan 1 m sudah dapat meningkatkan tahanan lateral sebesar 78%. Kajian secara teknis pemberian timbunan dengan ketinggian 1 m sampai 4 m ini pun dapat dikatakan aman ditinjau dari perpindahan horizontal dan momen yang terjadi pada tiang. Namun pemberian timbunan setinggi 4 m ini dapat dikatakan tidak efisien karena tahanan lateral tiang jauh lebih besar daripada beban lateral yang ada.

Keywords

fondasi tiang, tiang pancang, perpindahan horizontal, momen maksimum, timbunan

Full Text:

PDF


Refbacks

  • There are currently no refbacks.