PILIHAN PENGENDALIAN PENGGUNAAN MOBIL PRIBADI DENGAN STRATEGI PARKIR, ERP DAN TRANSJAKARTA DI JALAN RAYA SERPONG

Main Article Content

Albert Fernando
Najid Najid

Abstract

Pengendalian penggunaan mobil pribadi menggunakan strategi Electronic Road Pricing, kebijakan parkir dan Transjakarta dapat mengurangi kepadatan lalu lintas. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis respon masyarakat terhadap sistem Electronic Road Pricing, kebijakan parkir dan Transjakarta jika diterapkan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas. Electronic Road Pricing telah berhasil menanggulangi kemacetan di beberapa negara dengan memberikan tarif berbayar pada jalan tertentu. Sistem kebijakan parkir dapat mengurangi kepadatan lalu lintas dengan menaikan tarif parkir sesuai dengan kepadatan penggunaan kendaraan pribadi di daerah tertentu. Tujuan dari sistem Electronic Road Pricing dan kebijakan parkir agar pengguna kendaraan pribadi beralih menggunakan kendaraan umum untuk mengurangi kepadatan lalu lintas. Pengambilan data untuk penelitian ini diambil dengan cara penyebaran kuesioner di Jalan Raya Serpong kepada responden yang mengetahui dan pernah melewati jalan tersebut. Data yang didapat dari responden, akan diolah agar dapat mengetahui pilihan dari responden tentang kedua sistem tersebut dengan menggunakan model analisis sensitivitas. Strategi parkir, ERP dan Transjakarta dianggap menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kepadatan lalu lintas. Hasil dari penelitian ini adalah ketika strategi ERP dan kebijakan parkir diterapkan dengan tarif yang tinggi maka pengguna Jalan Raya Serpong akan beralih menggunakan kendaraan umum dan didapatkan bahwa responden cenderung lebih memilih tarif yang lebih murah.

Article Details

Section
Articles