ANALISIS KINERJA RUAS JALAN PANGERAN ANTASARI BANDAR LAMPUNG MELALUI PENGATURAN U-TURN MENGGUNAKAN MIKROSIMULASI LALU LINTAS

Main Article Content

Michael Michael

Abstract

Pangeran Antasari Street in Bandar Lampung is an urban road characterized by dense social activity, predominantly commercial areas, and frequent congestion during peak hours due to the presence of U-Turn facilities. This study aims to analyze the impact of U-Turns on the performance of Pangeran Antasari Street, and explore improvement scenarios using PTV VISSIM software. After modeling with VISSIM, output results on volume and vehicle speed were validated using paired t-test method. Peak hours under existing conditions occur from 16:30 to 17:30 WIB, with average vehicle speeds of 20.83 km/h for the West-East direction, average queue lengths of 165.85 meters, and average delay times of 11.31 seconds. The average vehicle speed for the East-West direction is 25.88 km/h, average queue lengths are 62.61 meters, and average delay times are 14.06 seconds. Three improvement scenarios were considered: firstly, closing all U-Turns; secondly, relocating the West U-Turn 50 meters west and the East U-Turn 80 meters east; and thirdly, relocating both U-Turns 70 meters east. Scenario 2 was chosen, resulting in a 0.73% increase in vehicle speed, a 9.65% reduction in queue length, and a 63.8% reduction in delay time for the West-East direction. For the East-West direction, it led to a 1.79% increase in vehicle speed, an 88.48% reduction in queue length, and an 81.86% reduction in delay time.


Abstrak


Ruas Jalan Pangeran Antasari Bandar Lampung merupakan jalan  perkotaan dengan tingkat aktivitas sosial yang padat, karena di sepanjang ruas jalan merupakan kawasan komersil, selain itu adanya fasilitas U-Turn membuat ruas jalan tersebut sering kali mengalami kemacetan pada jam  sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja ruas Jalan Pangeran Antasari, dan mencari skenario perbaikan menggunakan software PTV VISSIM. Setelah membuat permodelan menggunakan VISSIM, hasil keluaran volume dan kecepatan kendaraan dilakukan pengujian akurasi data dengan metode Uji-T berpasangan. Jam puncak pada kondisi eksisting terjadi pada pukul 16.30-17.30 WIB dengan kecepatan kendaraan rata-rata sebesar 20,83 km/jam, rata-rata panjang antrian sebesar 165,85 meter, dan rata-rata waktu tundaan selama 11,31 detik di ruas Barat-Timur. Kecepatan rata-rata kendaraan sebesar 25,88 km/jam, rata-rata panjang antrian sebesar 62,61 meter, dan rata-rata waktu tundaan selama 14,06 detik di ruas Timur-Barat. Terdapat 3 skenario perbaikan yang dilakukan yaitu, pertama menutup semua U-Turn, kedua merelokasi U-Turn Barat sejauh 50m ke Barat dan U-Turn Timur sejauh 80m ke Timur dan ketiga merelokasi U-Turn sejauh 70m ke Timur. Skenario yang diterapkan yaitu skenario 2 dengan peningkatan kecepatan kendaraan sebesar 0,73%, penurunan panjang antrian sebesar 9,65% dan waktu tundaan 63,8% untuk arah barat-timur dan peningkatan kecepatan 1,79%, penurunan panjang antrian sebesar 88,48% dan waktu tundaan 81,86% untuk arah timur-barat.

Article Details

Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung. (2023). Provinsi Lampung Dalam Angka 2023.

Desniati, E., Sulistyorini, R., Kustiani, I. (2019). Analisis Kinerja Ruas Jalan dan Biaya Perjalanan akibat Tundaan pada Ruas Jalan (Studi Kasus Jl. Pangeran Antasari, Bandar Lampung). Jurnal Rekayasa, 23(2), 121-130.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2023). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. (SE No. 21/SE/Db/2023). https://binamarga.pu.go.id/index.php/nspk/detail/09pbm2023-pedoman-kapasitas-jalan-indonesia-

Fatonah, D. R., Putra, S., Ofrial, S., A., M. (2021). Pengaruh U-Turn Terhadap Tundaan Perjalanan Berdasarkan Tinjauan Gelombang Kejut. JRSDD, 9(1), 51-64.

Koloway, B. S. (2009). Kinerja Ruas Jalan Perkotaan Jalan Prof Dr. Satrio, DKI Jakarta. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 20(3), 215-230.

Kumalawati, A., Utomo, S., Frans, J., H., Nasjono, J., K. (2021). Hubungan Volume Dan Kecepatan Lalu Lintas Terhadap Kinerja Jalan Ahmad Yani Kota Kupang . Jurnal Teknik Sipil, 10(2), 139-150.

Muchlis, P. O., Purnawan, P., Gunawan, H. (2015). Studi Parameter Mikroskopik dan Makroskopik Arus Lalu Lintas Akibat Pengaruh "Rumble Strips" Terhadap Perilaku Pengemudi di Kampus Limau Manis Universitas Andalas. Jurnal Rekayasa Sipil, 11(1), 44-57.

Nurmalasari, M. (2018). Modul Statistik Inferens. Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Pradana, M., S., A., Jannah, A., N. (2023). Analisis Kinerja Bukaan Median Dan Kinerja Ruas Jalan Pada Jalan Pangeran Antasari Kota Samarinda. Proceeding Civil Engineering Research Forum, 3(1), 203-213.

PTV VISSIM. (2014). PTV VISSIM 8 User Manual. Karlsruhe, Germany.

Sitanggang, H. (2019, Mei 17). Macet Akibat Antrean ke SPBU Jalan Pangeran Antasari. Bandar Lampung, Lampung, Indonesia.

Tamin, O. Z. (2008). Perencanaan, Pemodelan, & Rekayasa Transportasi. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Verianty, W. A. (2023, Juni 14). Berapakah Jumlah Kepadatan Penduduk Provinsi Lampung? Ini Data 3 Tahun Terakhir. Retrieved from Liputan 6: https://www.liputan6.com/hot/read/5318860/berapakah-jumlah-kepadatan-penduduk-provinsi-lampung-ini-data-3-tahun-terakhir?page=2