ANALISIS KEBUTUHAN LAHAN PARKIR UNTUK RENCANA PEMBANGUNAN GEDUNG PARKIR DI WILAYAH SANTERA DELAPONTE
Main Article Content
Abstract
The construction of a parking building in the Santerra de Laponte tourism area requires a comprehensive analysis of parking needs and visitor behavior to ensure adequate facilities. This study is a case study using a quantitative approach, conducted through direct field surveys. The analysis includes daily parking volume, average parking duration, parking capacity, design effectiveness, and future parking demand projections. The results show that the parking building is designed with three floors on a 4,225 m² plot, capable of accommodating a total of 1,052 light vehicles. A double-sided parking layout with a 90° angle is implemented to enhance capacity and vehicle circulation efficiency. The peak parking volume occurs between 13:00 and 14:00, with 86 cars and 305 motorcycles. The average parking duration is 1.904 hours for cars and 1.669 hours for motorcycles. The building's maximum capacity can handle up to 400 cars per hour with an effective capacity of 118 vehicles, and 1,502 motorcycles per hour with an effective capacity of 871 vehicles. It is expected that this parking facility will support the development of the tourism sector without parking-related issues, while also improving comfort and accessibility for visitors.
Abstrak
Pembangunan gedung parkir di kawasan wisata Santerra de Laponte membutuhkan analisis komprehensif terkait kebutuhan parkir dan pola perilaku pengunjung guna memastikan fasilitas yang tersedia memadai. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan melalui survei langsung di lapangan. Analisis mencakup volume parkir harian, rata-rata durasi parkir, kapasitas parkir, efektivitas desain, serta proyeksi kebutuhan parkir di masa depan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gedung parkir dirancang tiga lantai di atas lahan seluas 4.225 m² dan mampu menampung total 1.052 kendaraan ringan. Sistem parkir yang diterapkan adalah pola dua sisi dengan sudut 90° untuk meningkatkan kapasitas dan efisiensi sirkulasi kendaraan. Volume parkir tertinggi tercatat pada pukul 13.00–14.00 dengan jumlah 86 mobil dan 305 sepeda motor. Rata-rata durasi parkir mencapai 1,904 jam untuk mobil dan 1,669 jam untuk sepeda motor. Kapasitas maksimum gedung parkir dapat menampung hingga 400 mobil per jam dengan kapasitas efektif 118 kendaraan, serta 1.502 sepeda motor per jam dengan kapasitas efektif 871 kendaraan. Diharapkan, gedung parkir ini dapat menunjang pengembangan sektor pariwisata tanpa terhambat oleh permasalahan parkir, serta meningkatkan kenyamanan dan aksesibilitas bagi pengunjung.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Jurnal Mitra Teknik Sipil (JMTS) Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Abubakar, iskandar, sinaga, E. A., Budiarso, & Sinulingga, T. (1998). Pedoman Perencanaan Dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. In Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (p. 204).
Ahmad, S. M. (2018). Analisis Fasilitas Parkir Dan Aksesibilitas. Jurnal Riset Rekayasa Sipil Universitas Sebelas Maret, 1(2), 71–81.
BPS, B. P. S. K. M. (2024). Kota Malang Dalam Angka 2024. 45.
Chen, J., & Yang, G. (2021). On-Street Parking. International Encyclopedia of Transportation: Volume 1-7, 4, 278–284. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-102671-7.10329-X
Fahrul, M., Muhtadi, A., & Sutowijoyo, H. (2021). Evaluasi Kebutuhan Ruang Parkir di Pasar Larangan Sidoarjo. Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi), 3(1), 9. https://doi.org/10.26740/proteksi.v3n1.p9-19
Habibulloh, S., Puspitasari, E., & Jannah, R. M. (2022). Evaluasi dan Perancanaan Lahan Parkir Pada P asar Balendono Purworejo. Prosiding Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan: 2022, 1–8.
Hirtanto, T., & Prabandiyani, S. (2006). Analisis Kebutuhan Parkir Pada Rumah Sakit Umum Kelas B di Kota Semarang. Pilar, 15(April), 51–59.
Januar Nabal, A. R. (2014). Evaluasi Kebutuhan Lahan Parkir Pada Area Parkiran Kampus Fisip Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Jurnal Teknik Sipil, 13(1), 32–44. https://doi.org/10.24002/jts.v13i1.642
Kementerian PUPR. (2020). Informasi Statistik Infrastruktur PUPR 2020. Pusdatin, 53(9), 1–58.
Nainggolan, T. H., Sebayang, N., De, N. G., Henrique, J., & Sudiasa, N. (2021). Analisis Karakteristik Parkir Kendaraan Pada Area Parkir RSUD dr. Mohamad Saleh Kota Probolinggo. Jurnal Sondir, 5(2), 40–47. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/sondir
Perdana, R. S., Desromi, F., & Sari, E. K. (2023). Analisis Karakteristik Dan Kebutuhan Parkir Pasar Saka Selabung Muaradua. JurnalMahasiswa Teknik Sipil, 2(1), 44–52.
Prasetyan, P., & Manullang, O. R. (2019). Perilaku Pengunjung Dalam Memilih Lokasi Parkir Pada Kawasan Wisata Malioboro Di Yogyakarta. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 15(1), 47. https://doi.org/10.14710/pwk.v15i1.17716
Widi, N. M. R., & Dhaniarti, N. (2022). Optimalisasi Parkir Terhadap Pendapatan Parkir Di Mall Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Online Skripsi Manajemen …, 3(September), 64–69. http://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jos-mrk/article/view/1036%0Ahttps://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jos-mrk/article/download/1036/754