PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA LAYANAN BUS CITRA RAYA RUTE CITRA RAYA – GROGOL

Main Article Content

Alwan Maulana
Leksmono Suryo Putranto

Abstract

This study analyzes the relationship between service quality and customer satisfaction in public transportation services, focusing on the Citra Raya Bus located in Tangerang Regency. Service quality is measured through indicators such as bus frequency, punctuality, bus speed, seating availability, air conditioning, schedule information, cleanliness, comfort, safety, and fares. Data were obtained from questionnaires distributed to passengers to measure their perceptions of their experience using the service. The analysis was conducted using SPSS software with the One Sample T-Test and Independent Sample T-Test methods to identify the factors that most influence customer satisfaction. The results of the study, based on 163 respondents, show that customers are satisfied with the service quality of the Citra Raya bus, as evidenced by the One Sample T-Test results, which have a mean score above 2.5. However, the Independent Sample T-Test results were not significant, indicating that respondents were dissatisfied with the quality of service on the indicators of bus speed, seating availability, schedule information, safety, comfort, and usage expectations.


Abstrak


Penelitian ini menganalisis hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan pada layanan transportasi umum, dengan fokus pada Bus Citra Raya yang berlokasi di Kabupaten Tangerang. Kualitas pelayanan diukur melalui indikator frekuensi bus, ketepatan waktu, kecepatan bus, tempat duduk, pendingin udara, informas jadwal, kebersihan, kenyamanan, keamanan, dan tarif. Data diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada penumpang untuk mengukur persepsi mereka terhadap pengalaman menggunakan layanan. Analisis menggunakan aplikasi SPSS dengan metode One Sample T-Test dan Independent Sample T-Test untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang paling memengaruhi kepuasan pelanggan. Hasil penelitian dari 163 responden membuktikan bahwa pelanggan puas dengan kualitas pelayanan bus Citra Raya, hal ini dilihat dari hasil uji One Sample T-Test yang memiliki rataan diatas 2,5. Untuk uji Independent Sample T-Test memberikan hasil yang tidak signifikan, yang menandakan bahwa responden tidak puas dengan kualitas pelayanan pada indikator kecepatan bus, tempat duduk, informasi jadwal, keamanan, kenyamanan, dan ekspetasi penggunaan.

Article Details

Section
Articles

References

Anggraini, Z. (2019). Opini Masyarakat Mengenai Kebutuhan Sarana Transportasi Publik di Muara Bungo Provinsi Jambi. Jurnal Administrasi Negara, 25(1), 55-71.

Azwar, S. A., Sahara, S., & Ginting, M. H. (2022). Intermodal Connectivity at Kampung Rambutan Bus Terminal. International Journal of Research -GRANTHAALAYAH, 10(11), 123-131.

Dharmanto, A., Setyawati, N. W., & PG, D. S. W. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Fasilitas Pelayanan Publik Pada Pengguna Trans Jakarta. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(11), 3579-3590.

Gerson, R. F. (2010). Mengukur Kepuasan Pelanggan: Panduan Menciptakan Pelayanan Bermutu. Jakarta: PPM.

Hutasoit, C. S. (2011). Pelayanan Publik: Teori & Aplikasi. Jakarta: MAGNA Script Publishing.

Kotler, P. (2000). Marketing Management (International edition). Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol (Edisi milenium). Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks, 11.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lovelock, C. H., & Wright, L. K. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Indeks.

Lupioyadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Putranto, L. S. (2017). Statistika dan Probabilitas. Jakarta: PT Indeks.

Rohaeni, H. (2016). Model Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai. Ecodemica, 4(1), 32–47.

Sahara, S., & Yuliana, D. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dalam Penerapan Sistem Boarding Pass di Gate Keberangkatan Terminal Terpadu Pulo Gebang. Logistik, 14(1), 44–56.

Susilowati, L. (2009). Membangun Daya Tarik Jasa dan Reputasi Merek Melalui Kualitas Layanan dan Aliansi Pasar Pada Perusahaan EMKL. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 1–9.

Soedirdjo, T. L. (2012). Rekayasa Lalu Lintas. Bandung: Refika Aditama.

Sutandi, A. C. (2019). Pentingnya Transportasi Umum Untuk Kepentingan Publik. Jurnal Transportasi, 12(1), 19-34.

Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Bandung: Penerbit ITB.

Tjiptono, F. (2009). Service Marketing: Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Marknesis.

Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Warpani, S. P. (2002). Angkutan Umum Pedesaan. Jurnal Transportasi, 5(2), 211–220.