ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA BUS MIKROTRANS RUTE JAK-04 GROGOL-TUBAGUS ANGKE DENGAN METODE TABULASI SILANG
Main Article Content
Abstract
Mikrotrans Bus is one of the public transportation modes under the JakLingko integration system, playing a vital role in supporting the mobility of Jakarta residents at an affordable cost. This study aims to analyze passenger satisfaction with Bus Mikrotrans by considering various factors such as facilities, services, and passenger characteristics. The research method employed is a quantitative survey through the distribution of questionnaires to respondents who are active Bus Mikrotrans users. The data collected includes demographic variables (gender, age, education, and occupation) and service variables (comfort, safety, punctuality, and cleanliness). The validity and reliability of the data were tested before being analyzed using descriptive statistical methods and cross-tabulation. The results show that most respondents are fairly satisfied with the services of Bus Mikrotrans, particularly in terms of cleanliness, comfort, and payment systems. However, there are complaints regarding safety at waiting areas, the availability of supporting facilities such as air conditioning, as well as driving safety and traffic compliance of bus drivers. Cross-tabulation analysis indicates that passenger satisfaction varies based on age and frequency of use. These findings provide important insights for JakLingko management to improve the quality of services and facilities of Bus Mikrotrans to better meet the community's needs in the long term.
Abstrak
Bus Mikrotrans merupakan salah satu moda transportasi umum di bawah sistem integrasi JakLingko yang berperan penting dalam mendukung mobilitas masyarakat di DKI Jakarta dengan biaya terjangkau. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan penumpang Bus Mikrotrans dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti fasilitas, pelayanan, dan karakteristik penumpang. Metode penelitian yang digunakan adalah survei kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada responden yang merupakan pengguna aktif Bus Mikrotrans. Data yang dikumpulkan meliputi variabel demografis (jenis kelamin, usia, pendidikan, dan pekerjaan), serta variabel pelayanan (kenyamanan, keamanan, ketepatan waktu, dan kebersihan). Validitas dan reliabilitas data diuji sebelum dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dan tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden merasa cukup puas dengan pelayanan Bus Mikrotrans, terutama pada aspek kebersihan, kenyamanan dan sistem pembayaran. Namun, terdapat beberapa keluhan terkait keamanan di tempat menunggu dan ketersediaan fasilitas pendukung seperti pendingin ruangan serta keselamatan berkendara dan ketaatan lalu-lintas dari pengemudi bus. Analisis tabulasi silang menunjukkan bahwa kepuasan penumpang bervariasi berdasarkan usia dan frekuensi penggunaan. Temuan ini memberikan gambaran penting bagi pengelola JakLingko untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas Bus Mikrotrans demi memenuhi kebutuhan masyarakat secara lebih optimal dalam jangka panjang.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Jurnal Mitra Teknik Sipil (JMTS) Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Ami, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Popiulasi dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(3), 15-31.
Aulia, M., Nastiti, H., & Mardiatmi, B. D. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Mikrotrans Jak Lingko Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Visionida, 7(2), 79-95.
Fatimah, S. (2019). Pengantar Transportasi. Myria Publisher.
Fitriati, R. (2012). Gagalkah Transjakarta? Kajian Kualitas Layanan Pada Sistem Angkutan Cepat Massal TransJakarta. International Research Journal of Business Studies, 3(1).
Gayati, M. D. (2021). Integrasi Antarmoda di Jakarta Menuju Transportasi Efektif. JakLingkoIndonesia. https://www.jaklingkoindonesia.co.id/id/newsroom/article/info-jaklingko/16/integrasi-antarmoda-di-jakarta-menuju-transportasi-efektif
Karim, H. A., Lesmini, L., Sunarta, D. A., Suparman, A., Yunus, A. I., Khasanah, Marlita, D., Saksono, H., Asniar, N., Andari, T. (2023). Manajemen Transportasi. Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
Khaerat, N., Rangan, P. R., Mahyuddin, Halim, H., Tumpu, M., Sugiyanto, G., Radjawane, L. E., Ahmad, S. N., & Rosyida, E. E. (2021). Sistem Transportasi. Yayasan Kita Menulis.
Sanaky, M. M., Saleh, L. M., & Titaley, H. D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek. Jurnal Simetrik, 11(1), 432-439.
Tangkudung, E. S. W., Fitriati, R., Modjo, R., & Aminah, S. (2011). Sistem Bus Rapid Transit Transjakarta Dalam Studi Rekayasa Sosial. Jurnal Transportasi, 11(1), 1-10.
Zahra, N., Baihaqi, I., & Ardianto D. S. (2020). Evaluasi Kualitas Pelayanan Pada Industri Angkutan Umum: Studi Kasus Mikrotrans Jal Lingko. Jurnal Sains dan Seni ITS, 9(1), D58-D63.