PERSEPSI PENGUNJUNG MALL KELAPA GADING 3 TERHADAP FASILITAS GEDUNG PARKIR

Main Article Content

Najid
Hokbyan R.S. Angkat
Nicolas Liaunardy

Abstract

Parkir merupakan salah satu fasilitas penting bagi pengunjung mall di Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung Mall Kelapa Gading terhadap fasilitas parkir di gedung Mall Kelapa Gading 3. Metode penelitian dilakukan dengan penyebaran survei kepuasan pengunjung dan dianalisis dengan metode Importance Performance Anlaysis (IPA). Penelitian tingkat kepuasan dilakukan terhadap 17 komponen pernyataan yang meliputi ketersedian ruang parkir, kebersihan lokasi parkir, kualitas perkerasan pada area parkir, kondisi tingkat pencahayaan pada area parkir, kejelasan rambu tanda zona parkir, kejelasan rambu tanda sirkulasi parkir, lebar gang mobil, luas parkir mobil, penataan ruang parkir mobil, kemudahan memarkir kendaraan, kemudahan melalui tanjangan area parkir mobi, ketersediaan kemudahan informasi melalui petugas parkir, lama antrian masuk dan keluar, kesesuaian tarif dan metode pembayaran, ketersediaan jalur pejalan kaki, CCTV pada area parkir, dan pos keamanan di area parkir. Hasil analisis metode IPA memperlihatkan dominasi presentase kuadran IV yang mencapai 29,5%, disusul dengan kuadran I dan II yaitu sebesar 23,5% dan persentase terendah dari kuadran III yaitu sebesar 18,75%. Berdasarkan posisi kuadran I komponen yang perlu ditingkatkan adalah ketersediaan ruang parkir, kejelasan marka tanda arah sirkulasi parkir, penataan ruang parkir mobil, ketersediaan kemudahan informasi melalui petugas parkir. Adapun komponen yang perlu dipertahankan pada posisi kuadran II meliputi kebersihan lokasi parkir, Kemudahan melalui tanjakan pada area parkir mobil, Lama antrian masuk dan keluar, CCTV pada area parkir.

Article Details

Section
Articles

References

El-Adly, Mohammed & Eid, Riyad. (2016). An Empirical Study of the Relationship between Shopping Environment, Customer Perceived Value, Satisfaction, and Loyalty in the UAE Malls Context. Journal of Retailing and Consumer Services. 31. 217-227. 10.1016/j.jretconser.2016.04.002.

Setyarini, Ni Luh & Prihatiningsih, Aniek & Wijaya, Jemy & Lienardy, Brenda. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Fasilitas Parkir Mobil di Mal Taman Anggrek.

Nabal, Alfred. (2014). Evaluasi Kebutuhan Lahan Parkir Pada Area Parkiran Kampus Fisip Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Jurnal Teknik Sipil. 13. 10.24002/jts.v13i1.642.

Abubakar, I., Sinaga, E. A., Budiarso, Sinulingga, T., Agung, T. G., Sembiring, N., Djajasinga, N., Surti, B. H., Ginting, R., Yani, A., Nurida, C., & Sutiono, E. (1998). Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Jakarta.

Agustino, B., & Sumarno. (2012). Aanalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit ST. Eelisabeth Semarang.

Murdy, S., & Pike, S. (2012). Perceptions of visitor relationship marketing opportunities by destination marketers: An importance-performance analysis. Tourism Management, 33(5), 1281–1285. https://doi.org/10.1016/J.TOURMAN.2011.11.024

Qomariah, Nurul. (2020). Pentingnya Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (1996).Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Lampiran Keputusan Dirjen Perhubungan Darat Nomor /HK.105/DRJD/96.

Djaelani, Mohammad & Darmawan, Didit. (2021). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Parkir di Pusat Pembelanjaan Royal Plaza Surabaya. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS). 3. 307-311. 10.47065/ekuitas.v3i2.1167.

Alfatiyah, Rini. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Parkir Dengan Metode Servqual, IPA dan QFD Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di PT. Securindo Packtama Iindonesia. JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri). 2. 105. 10.32493/jitmi.v2i2.y2019.p105-115.

Widi. (2011). Uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian epidemiologi kedokteran gigi. Jakarta: J.K.G Unej.

Yudistira, &. A. (2015). Analisa Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Perusahaan Jasa Inspeksi Teknis di PT. Valarbi.

Vaus, D. d. (2002). Survey in Social Research 5th Edition. New South Wales: Allen and Unwin.

Ruhimat, D. (2008). Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dewi, Chintya & Setyarini, Ni Luh. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Fasilitas Parkir Mobil Mall Puri Indah. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil. 3. 659. 10.24912/jmts.v3i3.8386.

Ing, Tan & Yanuardi, Arie. (2019). Tinjauan Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Parkir Basement di Pusat Perbelanjaan Bandung Supermall. Jurnal Teknik Sipil. 3. 174-193. 10.28932/jts.v3i2.1287.

Pupung. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik bidang Kesehatan terhadap Kepuasan Masyarakat.