ANALISIS KINERJA PELAYANAN BUS COMMUTER PANTAI INDAH KAPUK 2
Main Article Content
Abstract
Bus Commuter Pantai Indah Kapuk 2 merupakan bus pegumpan di kawasan Pantai Indah Kapuk 2 yang dikelola oleh Agung Sedayu Group & Salim Group. Pantai Indah Kapuk 2 merupakan waterfront city dengan luas mencapai sekitar 2.650 hektar, dengan fasilitas yang lengkap untuk kualitas hidup yang lebih baik. Sebuah tujuan untuk pulang, tempat untuk beraktivitas, bekerja, dan tujuan wisata dan kuliner. Pantai Indah Kapuk 2 merupakan kota yang sangat luas maka diperlukan transportasi yang dapat mencapai fasilitas – fasilitas tersebut, dengan harga yang murah dan dapat menampung banyak pengunjung maka dibuat layanan transportasi publik. Penelitian ini menggunakan 2 metode survei lapangan dan penggunaan kuesioner untuk mengumpulkan data dari pengguna bus commuter Pantai Indah Kapuk 2. Penyusunan penelitian ini menggunakan studi literatur. Data yang diperoleh untuk penelitian ini mencakup aspek-aspek seperti kondisi halte dan fasilitas bus, frekuensi penggunaan, pemberhentian yang sering digunakan, waktu perjalanan, kenyamanan saat jam sibuk, serta faktor-faktor lain yang mempengaruhi kinerja pelayanan dan kepuasan penumpang bus commuter Pantai Indah Kapuk 2. Setelah survei lapangan yang dilakukan pada akhir bulan mei 2024 sampai awal bulan juni 2024 dan penyebaran kuisioner pada bulan mei 2024 dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh bus commuter Pantai Indah kapuk 2 sudah mengikuti standar dan jadwal yang ada sehingga memuaskan responden dengan fasilitas yang ada.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Jurnal Mitra Teknik Sipil (JMTS) Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Fatimah, S. (2019). Pengantar Transportasi.
Mavoa, S., Witten, K., McCreanor, T., & O’Sullivan, D. (2012). GIS based destination accessibility via public transit and walking in Auckland, New Zealand. Journal of Transport Geography, 20(1), 15–22.
Mutiawati, C. (2019). Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Jalan Raya.
Speranza, M. G., Weyland, D., & Archetti, C. (n.d.). On-demand public transportation. https://www.researchgate.net/publication/273409078
Susantono, B. (2014). Revolusi Transportasi.
Sutandi, A. C. (2015). PENTINGNYA TRANSPORTASI UMUM UNTUK KEPENTINGAN PUBLIK 1. 12(1). https://www.google.com/search?q=sustainable+city+planning&tbm=isch&tbo=u&source=univ&sa=X&ei=2l_0UoiNJ4Pok
Zulfikri, A. (2023). Effects of Pollution and Transportation on Public Health in Jakarta. West Science Interdisciplinary Studies, 1(03). https://doi.org/10.58812/wsis.v1i03.51