PENYEBAB SISA MATERIAL PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH TINGGAL X DI SERANG

Main Article Content

Caesar Dasha Prameswara
Mega Waty

Abstract

Material sisa merupakan salah satu aspek penting dalam manajemen proyek konstruksi yang sering terabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung dan menganalisis material sisa pada proyek rumah tinggal X di Serang guna memahami penyebab permasalahan yang ada. Metode penelitian yang digunakan melibatkan pemanfaatan Excel untuk menghitung nilai material sisa, diagram Pareto untuk mengidentifikasi biaya material sisa dari yang terbesar hingga terkecil, serta untuk mengidentifikasi langkah preventif atau solusi dan penyebab dalam upaya meminimalisir nilai material sisa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang masalah material sisa pada proyek konstruksi dan memberikan wawasan bagi praktisi untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi pemborosan dalam pengelolaan material konstruksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, volume material sisa terbesar adalah lisplang GRC sebesar 50% dan biaya material sisa terbesar adalah cat sebesar Rp. 1.802.823.

Article Details

Section
Articles

References

Aulia, Novinda Annisa. "ANALISIS DAN EVALUASI SISA MATERIAL KONSTRUKSI MENGGUNAKAN METODE PARETO DAN FISHBONE DIAGRAM." (2016): Skripsi.

Bell, L C and G Stukhart. "Attributes of materials management systems." Journal of construction engineering and management 112.1 (1986).

Callister, JT and William D. "Mathematics Beyond the Numbers and EGrade." Student Learning Guide Set. (2004).

Devia, Yatnanta Padma, et al. "Identifikasi Sisa Material Konstruksi Dalam Upaya Memenuhi Bangunan Berkelanjutan." JURNAL REKAYASA SIPIL 4.3 (2010).

Formoso, C T, E L Isatto and E H Hirota. "Method for waste control in the building industry." 1999.

Gavilan, Rafael M and Leonhard E Bernold. "Source evaluation of solid waste in building construction." Journal of construction engineering and management 120.3 (1994).

Mulyadi. "Menyongsong Pergeseran Peran Profesi Akuntan Manajemen Dalam Era Teknologi Informasi." Journal of Indonesian Economy and Business 15.2 (2000).

Resource Venture. Construction Waste Management Guide. Seattle, WA, 2005.

Spivey, David A. "Construction Solid Waste." Journal of the Construction Division 100.4 (1974).

Waty, Mega and Hendrik Sulistio. "IMPACT OF CHANGE ORDERS ON WASTE MATERIAL OF ROAD CONSTRUCTION PROJECT." PLANNING MALAYSIA : Journal of the Malaysian Institute of Planners 22.2 (2024).

Waty, Mega; Alisjahbana, Sofia W; Gondokusumo, Onnyxiforus; Sulistio, Hendrik; Hasyim, Cholil; Setiawan, Muhammad Ikhsan; Harmanto, Dani; Ahmar, Ansari Saleh. "Modeling of Waste Material Costs on Road Construction Projects." International Journal of Engineering & Technology 7.2 (2018).