EVALUASI DESAIN PERKERASAN LENTUR DI RUAS JALAN SAKETA – DAHEPODO PROVINSI MALUKU UTARA STA 00+000 – STA 10+000 BERDASARKAN MDPJ 2017 DAN MENGGUNAKAN PROGRAM KENPAVE
Main Article Content
Abstract
Dalam penelitian Evaluasi desain perkerasan jalan pada ruas jalan Saketa-Dahepodo di Provinsi Maluku Utara dilakukan berdasarkan Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 dan menggunakan program KENPAVE. Data yang digunakan meliputi lapisan HRS Base setebal 4 cm, Lapisan Pondasi Atas (LPA) setebal 12 cm, Lapisan Pondasi Bawah (LPB) setebal 15 cm, dan lapisan Sirtu setebal 20 cm. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi ketahanan dan performa perkerasan jalan dalam menghadapi beban lalu lintas dan kondisi lingkungan setempat. n MDPJ 2017 kemudian hasilnya diuji berdasarkan analisis mekanistik empiris menggunakan program Kenpave. Hasil analisis menggunakan MDPJ 2017 diperoleh beban lalu lintas sebesar 629.691 CESAL5 sehingga desain perkerasan yang dipilih untuk digunakan adalah 5 cm AC-WC, 40 cm fondasi atas kelas A, dan 20 cm LFS Kelas s atau lapisan penopang. Berdasarkan hasil pengujian mekanistik empiris dengan program Kenpave, desain perkerasan metode MDPJ 2017 tersebut dinyatakan aman dari pengujian kerusakan akibat fatigue cracking dan permanent deformation.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Jurnal Mitra Teknik Sipil (JMTS) Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Direktorat Jenderal Bina Marga. (2020). Spesifikasi Umum 2018 untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan (Revisi 2). Kementrian Pekerjaan Umum Republik Indonesia
Huang, Y. H. (2004). Pavement Analysis and Design (Second Edition). Pearson Prentice Hall.
Direktorat Jenderal Bina Marga. (2017). Manual Desain Perkerasan Jalan (Revisi Juni 2017). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Direktorat Jenderal Bina Marga. (2020). Suplemen Manual Desain Perkerasan Jalan 2017. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Kurniawan, A. (2019). Analisis Perbandingan Metode Manual Desain Perkerasan 2017 dan Asphalt Institute dalam Merancang Tebal dan Biaya Perkerasan Lentur. https://repository.unsri.ac.id/32405/
Sukirman, Silvia. 2010. Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur. Nova.
Bandung.
Suneth. D.N.F dan Kushari. B. 2018. Studi Pengaruh Tebal Lapis dan Modulus Elastisitas Terhadap Respon Struktur Perkerasan Lentur Dan Kapasitas Beban Repetisi. Prosiding Kolokium FTSP UII. Yogyakarta.
Ramadhani, R.I. dan Fauziah, M. 2018. Evaluasi Tebal Struktur Perkerasan Lentur Dengan Metode Bina Marga 2013 dan Metode Mekanistik-Empirik Menggunakan Program Kenpave Pada Ruas Jalan Jogja-Solo. Prosiding CEES 2018 : ISBN 978-602-71762-6-3. Yogyakarta
Widodo. A.D. 2018. Evaluasi Kondisi Perkerasan dan Prediksi Sisa Umur Perkerasan Lentur dengan Metode Pavement Condition Index, Bina Marga dan Metode Mekanistik-Empirik dengan Program Kenpave. Tesis. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.