ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP FASILITAS BUS TRANSJAKARTA DI HALTE TANJUNG DUREN

Main Article Content

Elnando Juwanto
Leksmono Suryo Putranto

Abstract

Seperti yang terlihat di DKI Jakarta, Indonesia telah mengalami peningkatan populasi yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir. TransJakarta adalah sistem transportasi umum yang beroperasi di Jakarta yang berbasis bus rapid transit (BRT). Transportasi umum seperti Bus Transjakarta sangat penting untuk mobilitas yang efektif di kota-kota besar. Untuk meningkatkan layanan transportasi publik, penting untuk memahami tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan. Dalam penelitian ini, kami melakukan survei ke penumpang Bus Transjakarta Halte Tanjung Duren. Karena banyaknya kawasan bisnis di sekitar halte, penumpang didominasi oleh pekerja kantoran, pedagang, dan orang-orang yang melakukan aktivitas harian di sekitarnya. Penelitian ini ditulis menggunakan literatur dan metode kuantitatif. Data yang diperoleh mencakup aspek-aspek seperti frekuensi penggunaan, rute yang sering digunakan, waktu perjalanan, tingkat kepuasan, serta faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pengguna dalam memilih Bus Transjakarta. Dapat disimpulkan bahwa responden puas terhadap fasilitas yang disediakan

Article Details

Section
Articles

References

Azizah, A., & Adawia, P. R. (2018). Analisis Perkembangan Industri Transportasi Online di Era Inovasi Dissruptif. Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 149.

Butarbutar, A. S., & Siregar, H. S. (2022). Evaluasi Pengalihan Kendaraan Pribadi ke Transjakarta Koridor IX. Formosa Journal of Science and Technology (FJST).

Komalasari, D. A., & Putranto, L. S. (2023). Pandangan Masyarakat Terhadap Keselamatan Bus Swasta Sebagai Moda Transportasi Sewa. Jurnal Mitra Teknik Sipil, 783.

Nurhayati, D. (2018). Fenomena Transjakarta Sebagai Media Beriklan di Jakarta. Jurnal Atrat , 92.

Putranto, L. S., & Hartanto, H. (2013). Students Perceptions on Transjakarta Services. International Conference on Engineering of Tarumanagara, 1.

Rachmadyaningrum, R., Hariani, D., & Herawati, A. R. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Transjakarta Pada Masa Pandemi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, 2.

Rianti, P. Y., & Tuti, R. W. (2017). Kualitas Pelayanan Transjakarta Busway di DKI Jakarta. Swatantra, 162.

Shaaban, K., & Siam, A. (2022). Review of Factors Affecting Public Transportation Ridership. IEEE, 1.

Yañez-Pagans, P. (2019). Urban Transport Systems in Latin America and The Caribbean: Lessons and Challenges. Latin American Economic Review, 9.