TINJAUAN KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP LAYANAN BUS TRANSJAKARTA KORIDOR 12 (TANJUNG PRIOK - PLUIT)
Main Article Content
Abstract
Bus TransJakarta merupakan komponen penting dalam mobilitas perkotaan berkelanjutan di DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan memahami tingkat kepuasan pengguna terhadap pelayanan Bus TransJakarta koridor 12, yang menghubungkan Tanjung Priok dengan Pluit di Jakarta Utara, sepanjang 23,75 km, melintasi Jakarta Pusat, Barat, dan Utara. Survei dilakukan untuk mengumpulkan data dari pengguna koridor ini. Analisis menggunakan metode IPA (Importance-Performance Analysis) mengungkapkan tingkat kinerja dan harapan penumpang terhadap layanan. Hasil analisis terhadap 9 pernyataan (frekuensi, pintu, tempat duduk, pendingin udara, papan informasi visual dan audio, kebersihan, fasilitas disabilitas, petugas, dan CCTV) menunjukkan bahwa 66,7% (6 pernyataan: frekuensi, pintu, tempat duduk, pendingin udara, fasilitas disabilitas, petugas, dan CCTV) berada di kuadran D, artinya memiliki kinerja baik namun dianggap kurang penting oleh responden. Sebaliknya, 33,3% responden menyatakan bahwa 3 aspek perlu ditingkatkan, yaitu kebersihan, tempat duduk, serta papan informasi visual dan audio. Hasil ini memberikan wawasan penting untuk peningkatan layanan Bus TransJakarta koridor 12 sesuai dengan harapan pengguna.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Jurnal Mitra Teknik Sipil (JMTS) Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Azizah, A., & Adawia, P. R. (2018). Analisis Perkembangan Industri Transportasi Online di Era Inovasi Dissruptif. Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 149.
Nurhayati, D. (2018). Fenomena Transjakarta Sebagai Media Beriklan di Jakarta. Jurnal Atrat , 92.
Putranto, L. S., & Hartanto, H. (2013). Students Perceptions on Transjakarta Services. International Conference on Engineering of Tarumanagara, 1.
Rachmadyaningrum, R., Hariani, D., & Herawati, A. R. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Transjakarta Pada Masa Pandemi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, 2.
Rianti, P. Y., & Tuti, R. W. (2017). Kualitas Pelayanan Transjakarta Busway di DKI Jakarta. Swatantra, 162.
Susilo, B.H., Loentan, A.,. (2008). Kajian Operasional Bus Rapid Transit TransJakarta dan TransMilenio Bogota. Jurnal Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Kristen Maranatha, Vol. 4 No.1, 1-18.
Yañez-Pagans, P. (2019). Urban Transport Systems in Latin America and The Caribbean: Lessons and Challenges. Latin American Economic Review, 9.