ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN TOL DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) PADA RUAS TOL JAKARTA-MERAK
Main Article Content
Abstract
Jakarta - Merak Toll Road is an access road to Sumatra, many factories stand along the Jakarta – Merak Toll Road which is automatically passed by overloaded vehicles every day. This study aims to evaluate the condition of the surface of the Jakarta – Merak Toll Road pavement, along the length from KM 31,600 – KM 97,700 both lanes A and B. This study was conducted a direct survey to determine the type of damage to the surface of the Jakarta – Merak toll road pavement, then the number of damages obtained for the Jakarta - Merak route was 118 damages and Merak – Jakarta 108 damages with the type of damage holes and cracks most often found on both sections. By using the PCI method from field data, the average value of damage and severity of the surface of the Jakarta – Merak Toll Road pavement will be obtained, which will later be used as a basis for road repair and maintenance. The results of calculations using the PCI method produced an average value of lane A (Jakarta – Merak) 61% (good) and lane B (Merak – Jakarta) 54% (moderate) from the results of these calculations used by toll managers for toll road rehabilitation and maintenance.
Abstrak
Tol Jakarta – Merak merupakan akses jalan menuju Sumatra, banyak pabrik berdiri sepanjang jalan Tol Jakarta – Merak yang otomatis dilewati kendaraan kelebihan beban setiap hari. penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi permukaan perkerasan jalan Tol Jakarta – Merak, sepanjang mulai dari KM 31,600 – KM 97,700 baik jalur A maupun Jalur B. Penelitian ini dilakukan survey secara langsung untuk mengetahui jenis kerusakan permukaan perkerasan jalan tol Jakarta – Merak maka didapat jumlah kerusakan jalur Jakarta – Merak 118 kerusakan dan Merak – Jakarta 108 kerusakan dengan jenis kerusakan lobang dan retak paling banyak ditemukan pada kedua ruas. Dengan menggunakan metode PCI dari data lapangan akan didapat nilai rata-rata kerusakan dan tingkat keparahan permukaan perkerasan jalan Tol Jakarta- Merak, yang nantinya digunakan sebagai dasar untuk perbaikan dan pemeliharaan jalan. Hasil perhitungan dengan metode PCI dihasilkan nilai rata-rata jalur A (Jakarta – Merak) 61% (baik) dan jalur B (Merak – Jakarta) 54% (sedang) dari hasil perhitungan tersebut digunakan pengelola tol untuk rehabilitasi dan pemeliharaan jalan tol.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Jurnal Mitra Teknik Sipil (JMTS) Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
ASTM International. (2007). Standard Practice for Roads and Parking Lots Pavement Condition Index Surveys (ASTM D6433-07).
Abduh, R. M. (2022). Studi Kerusakan Dan Pendekatan Perbaikan Perkerasan Kaku (Rigid pavement) Jalan Tol Bakauheni Terbanggi Besar Pada Ruas Sidomulyo STA 39+ 400–Kotabaru STA 80+ 000 [Master thesis, Universitas Lampung]. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64488
Aprilianto, D. (2024). Analisis Pengaruh Drainase Terhadap Kerusakan Jalan Berdasarkan Metode Pavement Condition Index Dan Alternatif Solusinya (Studi Kasus: Jalan Wirun-palur, Sukoharjo) [Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/121224
Desei, F. L., & Kadir, Y. (2022). Analisis Kondisi kerusakan jalan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dan international Rougness Index (IRI) beserta alternative penanganannya (Studi Kasus: Jalan Samaun Pulubuhu-Jalan Boliohuto Huidu-Jalan AK Luneto). Forum Profesional Teknik Sipil, 10(1), 1-9. http://dx.doi.org/10.33019/fropil.v10i1.2785
Dwi, T. (2023). Proses Penyidikan Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Raya Sesuai Dengan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 (Studi Kasus di Polres Kabupaten Semarang) [Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang]. http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30395
Fikri, M. (2016). Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Lentur Dengan Metode Pavement Condition Index (Pci) Studi Kasus Ruas Jalan Poros Lamasi-Walenrang Kabupaten Luwu. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, 1(1), 19-26. http://dx.doi.org/10.51557/pt_jiit.v1i1.57
Fatikasari, A. D. (2021). Analisa Tingkat Kerusakan Jalan Menggunakan Metode PCI untuk Mengevaluasi Kondisi Jalan di Raya Cangkring, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo. Agregat: Jurnal Teknik Sipil, 6(2), 1-6.
https://core.ac.uk/download/pdf/483718301.pdf
Hardiyatmo, H. C. (2015). Pemeliharaan Jalan Raya (Edisi ke dua). Gadjah Mada Univercity Press. Yogyakarta.
Ibrahim, A. (2021). Analisis Kerusakan Jalan Ruhui Rahayu I–Jalan Sepinggan Baru Balikpapan Dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index. Jurnal Tugas Akhir Teknik Sipil, 5(1), 117-123. https://doi.org/10.32487/jutateks.v5i1.367
Prayitno, E. (2020). Pengaruh Kecepatan Kendaraan Terhadap Tingkat Kerusakan Jalan Menggunakan Metode PCI (Pavement Condition Index). Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil, 17(2). http://ejournal2.pnp.ac.id/index.php/jirs/
Sumaryoto, S. (2018). Dampak keberadaan jalan tol terhadap kondisi fisik, sosial, dan ekonomi lingkungannya. Journal of Rural and Development, 1(2). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:203534142
Yunardhi, H. (2019). Analisa Kerusakan Jalan Dengan Metode PCI Dan Alternatif Penyelesaiannya (Studi Kasus: Ruas Jalan DI Panjaitan). Teknologi Sipil: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 2(2). http://dx.doi.org/10.30872/ts.v2i2.2187
Zohri, S, Sutrisno, W., & Priyanto.A (2019). Analisa Tebal Perkerasan Kaku Pada Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo Berdasarkan Metode Bina Marga (Manual Desain Perkerasan 2017) dan AASHTO (1993). Renovasi : Rekayasa Dan Inovasi Teknik Sipil, 4(1), 33-41. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:199678955