PERBANDINGAN PENURUNAN KONSOLIDASI PADA TANAH YANG BELUM DIPERBAIKI SERTA YANG DIPERBAIKI DENGAN PRELOADING DAN PEMANCANGAN KELILING
Main Article Content
Abstract
Tanah merupakan salah satu hal yang harus diperhatian di dalam perencanaan pembangunan. Pada umumnya tanah memerlukan perbaikan dalam suatu proses konstruksi. Tetapi masih ditemui beberapa proyek pembangunan yang tidak menggunakan metode perbaikan tanah. Pada beberapa kasus perbaikan atau modifikasi tanah dapat meningkatkan daya dukung dan stabilitas tanah. Jika daya dukung meningkat maka jumlah tiang pancang yang digunakan dapat menjadi lebih efisien. Penurunan tanah akibat beban bangunan merupakan salah satu hal yang tidak dapat dihindari dalam konstruksi gedung bertingkat tinggi. Maka dibutuhkan metode perbaikan tanah yang bertujuan untuk menghindari kerusakan pada bangunan akibat penurunan tersebut. Pada penelitian ini dibatasi oleh metode prapembebanan dan pemancangan keliling. Salah satu contohnya adalah metode yang memanfaatkan timbunan untuk mempercepat proses pemampatan tanah. Metode perbaikan lain yang dimodifikasi adalah metode pemancangan keliling. Metode ini memanfaatkan tiang yang dipancang ke dalam tanah untuk mengurangi volume udara. Besar penurunan konsolidasi awal untuk tanah yang diperbaiki dengan timbunan serta pemancangan keliling masing-masing adalah 3,74 meter dengan timbunan setinggi 3 meter dan 5,2 meter untuk kedalaman tiang 50 meter. Perubahan angka pori berpengaruh terhadap besar penurunan konsolidasi. Nilai angka pori tanah yang dipadatkan akan menjadi lebih kecil sehingga besar penurunan konsolidasi yang dialami oleh tanah akan ikut berkurang. Dengan pembangunan lantai di bawah permukaan tanah sebagai lahan parkir maka tanah akan menerima beban parkiran sebesar 60 ton dari hasil perencanaan. Maka dari itu, nilai besar konsolidasi tanah setelah dikenai beban terhadap tanah yang tidak diperbaiki serta tanah yang diperbaiki dengan drainase vertikal berupa timbunan dan metode pemancangan keliling masing-masing adalah 0,26 meter, 0,213 meter dan 0,205 meter.
Article Details
Section
Articles
This work is licensed under Jurnal Mitra Teknik Sipil (JMTS) Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.