ANALISIS PERMINTAAN DAN KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN BUS TRANSJAKARTA KORIDOR 10

Main Article Content

Edric Yappo
Najid Najid

Abstract

Pemprov DKI jakarta berusaha mengurangi kemacetan yang ada di jakarta dengan membangun moda transportasi massal yang biasa disebut transjakarta. Bus Transjakarta ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah perjalanan penumpang dengan transportasi Bus yang lebih aman dan nyaman bagi penumpang Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kepuasan dan permintaan penumpang terhadap Bus Transjakarta pada jam puncak dan non-puncak. Data didapatkan dengan cara penyebaran kuesioner kuisioner kepada 100 responden, dan melalui survey langsung pada koridor 10. Dari hasil data tersebut akan di bandingkan dengan Standard Pelayanan Minimum. Berdasarkan hasil pengambilan data melalui survey on board di koridor 10, waktu tunggu kendaraan, waktu berhenti kendaraan dan kecepatan perjalanan pada saat waktu puncak dan non puncak lebih kecil atau sama dengan nilai SPM. Berdasarkan survey demand dan hasil tes korelasi, dapat disimpulkan bahwa semakin banyak jumlah koridor yang melewati halte busway maka semakin tinggi demand suatu halte.

Article Details

Section
Articles