METODE KONSTRUKSI RIGID PAVEMENT PADA PROYEK JALAN TOL

Main Article Content

Raihan Suganda
Yenny Untari

Abstract

Road the most widely used means of land transportation on daily basis compared to non-stop air transportation, so volume of vehicles passing through the road must be supported by hardness the exit and entry roads passing through it so that road has a big impact on comfort, welfare and safety for road. Therefore, toll road construction was carried out where implementation planning was carried out using Pd T-14-2003 method which began by determining CBR value, construction of development project from land clearing, soil filling, soil compaction and rigid pavement. The technical formulation and aim is find out how rigid pavement worked thickness layers of rigid pavement has influence
on durability of toll roads by combining explanations regarding the construction process method. This research uses 2 data collection methods with qualitative and quantitative measurement data analysis. Furthermore, conclusion obtained that in the 2017 revised road pavement design manual stated that applicable regulations must be used to determine design life of new pavement. It is important to know according to the CBR provisions, if CBR value is less than 6% then land requires repair, conversely if the CBR value is greater than 6% then there is no need to repair the land.


Abstrak


Jalan merupakan sarana penting bagi manusia untuk mencapai suatu lokasi yang ingin dijangkau. Dengan adanya perkembangan perbaikan rigid pavement untuk kemajuan struktur jalan baik di metropolitan maupun pedesaan, maka pemerintah terus melakukan peningkatan besar pada jalan-jalan negara. Rigid Pavement merupakan sistem pembuatan jalan yang digunakan pada jalan tol. Keuntungan dari perkerasan kaku juga umurnya yang panjang, visibilitas permukaan pengendaraan yang lebih baik dan perawatan yang lebih sedikit. rumusan dan tujuan penulisan jurnal untuk mengetahui bagaimana teknik pengerjaan rigid pavement jalan tol. Ketebalan pengerjaan rigid pavement memberi pengaruh terhadap ketahanan jalan tol atau terdapat faktor lain di luar keterlibatan pelaksanaan rigid pavement sehingga memadukan penjelasan terkait metode kontruksinya. Hasilnya pengerjaan rigid pavement tentu memberi efek di masa depan dengan ketebalan penggunaan semen beton tidak boleh dilakukan secara suka hati karena perencanaan Perkerasan Jalan (MDPJ) 2017 disebutkan bahwa tebal pelat beton diarahkan dalam perencanaan dengan menggunakan metode Pd T-14-2003. Dimana kontruksi pembangunan jalan tol yang dimulai dari pembersihan lahan – penimbunan tanah- pemadatan tanah – rigid pavement sampai dengan jalan siap pakai dapat direncanakan dengan rencana umur 20-40 tahun juga harus pas dalam penentuan CBR

Article Details

Section
Articles

References

Adhi Persada Beton.(2021). Metode Kerja Adhi Beton: Rigid Pavement Jalan Tol Sigli - Banda Aceh. https://www.youtube.com/watch?v=N1vqcJEQeyI

American Concrete Pavement Association. (1999). Whitetopping—State of the Practice, Engineering Bulletin.

Azhar, N. (2015). Metode Pelaksanaan Jalan Pembangunan Jalan Akses Tol Cimanggis-Nagrak . August 2015, Pokja Pekerjaan Konstruksi Akses Tanjung Priok Unit Layanan Pengadaan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional IV Tahun Anggaran 2013, 144.

Badan Standardisasi Nasional. (1989). SNI 1744: 1989 Metode Uji CBR Laboratorium (AASHTO T 193-81). BSN.

Barnas, E., & Karopeboka, B. (2018). Penelitian Kekuatan Tanah Metode CBR (California Bearing Ratio) di SPBG Bogor 1 Bubulak JL KH R Abdullah bin Nuh. Jurnal KaLIBRASI - Karya Lintas Ilmu Bidang Rekayasa Arsitektur, Sipil, Industri, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v9i0.326

Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. (2003). Pd T-14-2003 Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen. Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah.

Franki, A. (2021). Rancangan Tebal Perkerasan Kaku Jalan Lingkar Selatan Kota Cilegon. Jurnal Teknik Sipil Universitas Serang Raya, 1(1).

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan. (2017). Suplemen Manual Perkerasan Jalan. Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan.

Krisnadi, B. D. (2022). Penerapan Metode Analisa Manfaat Biaya Pada Perencanaan Jalur Evakuasi Menggunakan Perkerasan Kaku (Implementation Of Benefit Cost Analysis Method On Evacuation Road Planning Using Rigid Pavement) (Studi Kasus Jalur Evakuasi Bencana Di Ruas Jl Deles Indah Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah).

Pemerintah Pusat. (2005). Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. Pemerintah Pusat.

Putra, D. A. M. (2023). Metode Pelaksanaan Pekerjaan Rigid Pavement Pada Proyek Preservasi Jalan Raya Kanor – Semambung Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Teknik (JURRITEK), 2(`1), Article `1. https://doi.org/10.55606/jurritek.v2i`1.875

Putra, P. B. (2021). Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Pada Ruas Jalan Tol Binjai-Langsa (STA 0+500 STA 1+000) [Thesis, UMSU].

Rachardi, R., & Kurniawan, R. (2018). Analisis Tebal Perkerasan Jalan Rigid di Kecamatan Sinar Peninjauan. Jurnal Deformasi, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31851/deformasi.v3i2.2321

Sidabutar, R. A., Saragi, Y. R., Pasaribu, H., Pardede, M., & Hutabarat, T. (2021). Evaluasi Perkeraan Jalan Kaku (Rigid Pavement) Pada Jalan SM Raja Medan Dengan Metode Bina Marga. Jurnal Visi Eksakta, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.51622/eksakta.v2i2.395