MODEL PENGARUH KOMPOSISI JUMLAH KENDARAAN TERHADAP TINGKAT KECELAKAAN PADA PROVINSI BALI

Main Article Content

I Made Kariyana
Tri Hayataning Pamungkas
Tiara Ayu Anggraini

Abstract

Increasing the number of vehicles with various dimensions, specifications, and vehicle speeds. Also, driver behavior that is not the same, can make potentially cause events that can trigger traffic accidents on the road. Data from the Central Statistic Agency for the Province of Bali recorded an increase in the number of traffic accidents every year. This study uses a descriptive method with a quantitative approach using IBM SPSS software to obtain conclusions from the effect of the composition of the number of vehicles on the accident rate in the Province of Bali. To obtain the effect of the number of vehicles consisting of buses, truks, motorbikes, and passenger cars that have fulfilled the classical assumption test, and simultaneously have a significant effect on the occurrence of accidents that occur. Meanwhile, the number of vehicles that significantly affect the number of accidents in the province of Bali is based on the total composition of vehicles, namely the number of truks, motorcycles, and passenger cars. While the number of buses does not have a significant effect. In this modeling, the influence of the number of vehicles consisting of buses, truks, motorbikes, and passenger cars has an effect of 82.8% on the occurrence of traffic accidents based on vehicle composition


Abstrak


Peningkatan jumlah kendaraan dengan beragam dimensi, spesifikasi, maupun kecepatan kendaraan. Serta perilaku pengemudi yang tidak sama dapat berpotensi menimbulkan kejadian yang dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan. Data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Bali tercatat adanya peningkatan jumlah kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan software IBM SPSS untuk memperoleh kesimpulan dari pengaruh komposisi jumlah kendaraan terhadap tingkat kejadian kecelakaan pada Provinsi Bali. Sehingga diperoleh pengaruh jumlah kendaraan yang terdiri dari bus, truk, sepeda motor serta mobil penumpang telah memenuhi uji asumsi klasik, serta secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kejadian kecelakaan yang terjadi. Sedangkan secara jumlah kendaraan yang berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah kejadian kecelakaan pada provinsi Bali berdasarkan jumlah komposisi kendaraan yaitu jumlah truk, sepeda motor serta mobil penumpang. Sedangkan jumlah bus tidak memberikan pengaruh secara signifikan. Pada pemodelan ini pengaruh jumlah kendaraan yang terdiri dari bus, truk, sepeda motor, serta mobil penumpang memberikan pengaruh sebesar 82,8% terhadap terjadinya kecelakaan lalu lintas berdasarkan komposisi kendaraan.

Article Details

Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. (2023). Bali dalam Angka 2023. Denpasar

Fadhil, A., Anggraini, R., & Sugiarto, S. (2022). Analisi Hubungan Kesalahan, Penyimpangan dan Pelanggaran Pengguna Roda Dua Terhadap Keselamatan Berkendara. Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan 5(1), pp. 203-212

Hadisuwito, S. A. (2020). Faktor – Faktor Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas di Wilayah Polres Temanggung. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Hermawati, P & Aryawan, M. O. A. (2011). Analisi Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Prof. Ida Bagus Mantra (Ruas Tohpati – Kusamba). Politeknik Negeri Bali.

Kariyana, I. M. (2017). Aplikasi Regresi Mulitinomial Logit Untuk Analisa Pengaruh Faktor-Faktor Kecelakaan Terhadap Korban Kecelakaan Lalu Lintas Di Kota Denpasar. Jurusan Teknik Gradien

Khristy, J, C., & Lall, K. B. (2003). Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi. Penerbit Erlangga, Bandung

Pamungkas, N. S., Junaidi., & Hardono, T. S. (2013). Model Regresi Linear Pengaruh Komposisi Kendaraan Terhadap Tingkat Kecelakaan Pada Jalan Tol Surabaya – Gempol. Wahana Teknik Sipil

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (1993). PP. No. 43 Tahun 1993 Tentang Prasaran dan Lalu Lintas Jalan. Jakarta.

Pignatoro, L. (1973). Traffic Engineering, theory and practice. Pratice Hall. Inc, New Jersey.

Sulistiyowati, W & Astuti, C. C. (2017). Statistika Dasar Konsep dan Aplikasinya, Sidorajo: Umsida Press.

Utari, N. K. E. Y., Srinadi, I. G. A., & Susilawati, M. (2019). Model Geographically Weighted Regression (GWR) Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kecelakaan Lalu Lintas di Provinsi Bali Universitas Udayana.

Walphole, R.E. (1995). Pengantar Statistika. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.