ANALISIS KAPASITAS SALURAN DRAINASE PERUMAHAN Z DI JAKARTA TIMUR

Main Article Content

Adhitya Dwi Prakoso

Abstract

Flooding is a land event that is Arid areas (non-swamp) are generally inundated, this is caused by high rainfall and lowland conditions. One of the causes of flooding is rainfall. Rainfall that has a high intensity can increase the possibility of flooding because rainfall that occurs outside the forecast of the existing drainage canal design plan.  Housing Z in East Jakarta has been recorded to have experienced floods as high as 80 centimeters in 2020. In this study there are several things that need to be analyzed, namely rainfall, channel capacity and the state of the existing channel. The reset periods used are 2.5 and 10-year reset periods. Precipitation is analyzed by the Chi-Square and Kolmogorov-Smirnov methods to determine the type of distribution to be used. The capacity of the existing drainage channel was analyzed by the Manning method to determine the existing discharge, then a comparison was made with flood discharge due to existing rainfall with a repeat period of 2, 5 and 10 years.


Keywords: Flood, Drainage, Rainfall


 


Banjir merupakan peristiwa daratan yang daerah gersang (non-rawa) umumnya tergenang air, hal ini disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan kondisi dataran yang rendah. Salah satu penyebab dari banjir adalah curah hujan. Curah hujan yang mempunyai intensitas tinggi dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya banjir dikarenakan curah hujan yang terjadi diluar perkiraan dari perencanaan desain saluran drainase yang ada.  Perumahan Z di Jakarta Timur sudah tercatat pernah mengalami bencana banjir setinggi 80 sentimeter pada tahun 2020. Dalam penelitian ini akan dianalisa beberapa faktor yaitu curah hujan, kapasitas saluran dan kondisi saluran eksisting. Payback period yang digunakan adalah payback period 2,5 dan 10 tahun. Curah hujan dianalisis dengan menggunakan metode Chi-Square dan Kolmogorov-Smirnov untuk menentukan jenis distribusi yang akan digunakan. Kapasitas saluran drainase eksisting dianalisis menggunakan metode Manning untuk menentukan limpasan arus dan kemudian dibandingkan dengan debit banjir saat ini akibat hujan dengan siklus berulang 2, 5 dan 10 tahun.  


 Kata kunci: Banjir, Drainase, Curah Hujan

Article Details

Section
Articles

References

BMKG. (2009). Curah Hujan Kawasan Ibukota Diatas Rata-Rata. DKI Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Balai Pusdataru Pc. (2017). Hidrologi. Jawa Tengah.

Nirmalasari, D. (2015). Drainase yang Kurang Memadai Salah Satu Penyebab Banjir di Jakarta. Jakarta: Kompasiana.

Pratama, C. D. (2020). Lembaga-Lembaga yang Memanfaatkan Data Hidrologi. Kompas.com.

Prihardani, R. A. (2022). Pengertian Hujan, Proses Terjadi, dan Macamnya. Dosen Geografi.com.