PENDAPAT PENGGUNA JALAN TOL JABODETABEK TENTANG MULTI LANE FREE FLOW
Main Article Content
Abstract
With the toll road, people's mobility becomes easier. The large number of people using toll roads makes the number of vehicles increase. This often causes congestion that occurs when approaching the toll booth, this congestion occurs because the capacity of vehicles arriving exceeds the service capacity of the toll gate. MLFF is a technology that allows toll road drivers to pay without stopping at toll booths. This study aims to find out the public's perception if the toll payment system changes to the MLFF payment system and the success of MLFF if implemented on the Jabodetabek toll road. The research was compiled using literature studies and quantitative methods and data collection was carried out by distributing questionnaires to Jabodetabek toll road users. The results of the analysis show that the majority of toll road users agree if MLFF is implemented on Jabodetabek Toll Roads and agree on the opinion that implementing MLFF can reduce congestion that occurs when approaching the toll gate. However, the transition process will require good socialization from the government and public acceptance of this new payment system.
Dengan adanya jalan tol mobilitas masyarakat menjadi semakin mudah. Banyaknya masyarakat yang menggunakan jalan tol membuat jumlah kendaraan yang melalui jalan tol semakin banyak. Hal ini sering menyebabkan kemacetan yang terjadi ketika mendekati pintu tol, kemacetan ini terjadi karena kapasitas kendaraan yang datang melebihi kapasitas pelayanan pintu tol. MLFF merupakan suatu teknologi yang memungkinkan pengendara jalan tol membayar tanpa berhenti di pintu tol. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat apabila sistem pembayaran tol berubah menjadi sistem pembayaran MLFF dan keberhasilan MLFF jika diterapkan di tol Jabodetabek. Penelitian disusun dengan menggunakan studi literatur dan metode kuantitatif dan perolehan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada pengguna jalan tol Jabodetabek. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas pengguna jalan tol setuju apabila MLFF diterapkan di Tol Jabodetabek dan berpendapat bahwa dengan diterapkannya MLFF dapat mengurangi kemacetan yang terjadi saat mendekati pintu tol. Namun untuk proses peralihan akan diperlukan sosialisasi yang baik dari pemerintah dan penerimaan masyarakat akan sistem pembayaran baru ini.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Jurnal Mitra Teknik Sipil (JMTS) Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
__. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.
BPJT. (2022, Juni 7). https://bpjt.pu.go.id/. Retrieved from Badan Pengatur Jalan Tol: https://bpjt.pu.go.id/berita/16-ruas-jalan-tol-baru-selesai-konstruksinya-sepanjang-332-km-hingga-akhir-tahun-2022
BPJT. (2022, Desember 18). https://bpjt.pu.go.id/. Retrieved from Badan Pengatur Jalan Tol: https://bpjt.pu.go.id/berita/mlff-modernisasi-sistem-pembayaran-semakin-efisien-berkendara-dan-menjaga-lingkungan
Budiharjo, A., & Margarani, S. R. (2019). Kajian Penerapan Multi Lane Free Flow di Indonesia. 14.
Gani, I., & Amalia, S. (2015). Alat Analisis Data : Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. Yogyakarta: Andi.
Jasa Marga. (2022). https://www.jasamarga.com/. Retrieved from Jasa Marga: https://www.jasamarga.com/jalan+tol+jakarta
Jasa Marga. (2022). https://www.jasamarga.com/. Retrieved from Jasa Marga: https://www.jasamarga.com/tol-cawang-tangerang-cengkareng
Kusnandar, B. (2022). Ruas Jalan Tol Jabodetabek. Jakarta: Databoks.
Mustafidah, H., Imantoyo, A., & Suwarsito, S. (2020). Pengembangan Aplikasi Uji T-Satu Sampel Berbasis Web. (Development of Web Based One Sample T-Test Application), 245.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suprayitno, Hadi; Waluyo, Galuh Permana; Muljono, Slamet. (2020). Menuju Pembayaran Tol Tanpa Henti Secara Multilajur, 14.
Syaifulloh, M. (2022). Jenis Teknologi MLFF. Tempo.co.
UMY. (2021, Juni 4). https://elektro.umy.ac.id/. Retrieved from Universitas Muhammadiyah Yogyakarta: https://elektro.umy.ac.id/sistem-kerja-rfid-tag/
Vaus, D. A. (2002). Survey in Social Research 5th Edition. New South Wales : Allen and Unwin.