PERSEPSI PELAKU KOMUTER ANTAR KOTA TERHADAP RENCANA TARIF KERETA CEPAT JAKARTA BANDUNG VS TARIF PESAINGNYA
Main Article Content
Abstract
Fast rail transportation is a rail transportation that can move at high speeds of more than 350 km/hour. In Indonesia, the Jakarta-Bandung fast train was built by a company, PT. Indonesian China Fast Train (KCIC) which cooperates with PT. Wijaya Kusuma (Persero) Tbk (WIKA) as the foremost contractor in building this Jakarta-Bandung High Speed Rail (PT. Kereta Cepat Indonesia China, 2021). Lately, the society’s attention has been hooked on this High Speed Rail because of its’ benefits of time efficiency from Jakarta to Bandung in just about 45 minutes and the price of this transportation that is affordable, which is around 150.000-350.000 Rupiah. Therefore, this research aims for the society’s perspective regarding to the price of this High Speed Rail, compared to the other alternatives of transportations such as: personal vehicles, bus, travel, and Argo Parahyangan train. In this research, the methodology being used is questionnaire with the target of participants being the society who live in Jabodetabek area and Bandung Raya. This research was carried out with the hope that it would be of benefit to the people who would later use the fast train to Jakarta-Bandung.
Keywords: High Speed Rail; Public Transportation; Train; Personal Vehicle; Bus; Jakarta-Bandung Travel
Kereta Cepat adalah kereta yang mampu melaju dengan kecepatan tinggi lebih dari 350 km/jam. Di Indonesia, Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini dibangun oleh PT. Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) yang bekerja sama dengan PT. Wijaya Kusuma (Persero) Tbk (WIKA) sebagai kontraktor utama dalam pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (PT. Kereta Cepat Indonesia China, 2021). Kereta cepat akhir-akhir ini menjadi pusat perhatian dari masyarakat dikarenakan manfaat yang dihasilkan daripada kereta cepat ini sangatlah baik yaitu dapat mempercepat waktu perjalan dari Jakarta menuju Bandung hanya dalam waktu sekitar ±45 menit saja dan biaya daripada perjalanan kereta cepat ini cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 150.000-Rp. 350.000 saja. Dengan ini penelitian yang dilaksanakan ini guna melihat suatu persepsi dari masyarakat terkait dengan biaya dari kereta cepat ini dibandingkan dengan biaya perjalan dari pesaingnya seperti: mobil pribadi, bus, travel, dan kereta argo parahyangan. Pada penelitian ini dilakukan metode survey dengan memakai kuisioner menjadi instrument dari penelitian yang akan dilakukan, dan akan disebarluaskan kepada masyarakat yang berdomisili di Jabodetabek dan Bandung Raya. Pada Penelitian yang dilaksanakan ini dengan harapan bisa mempunyai manfaat untuk masyarakat yang nantinya menggunakan Kereta Cepat menuju Jakarta-Bandung ini.
Kata Kunci: Kereta Cepat; Transportasi Umum; Kereta Api; Mobil Pribadi; Bus; Travel Jakarta-Bandung
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Jurnal Mitra Teknik Sipil (JMTS) Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Realibilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F, R2). Guepedia.
Fatimah, S. (2019). Pengantar Transportasi. Makassar: Myria Publisher.
Hadihardaja, dkk, J. (1997). Sistem Transportasi. Jakarta: Gunadarma.
Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (2022). Pemerintah Berkomitmen Membangun Kereta Cepat Jakarta Bandung. Retrieved from dephub.go.id: https://dephub.go.id/post/read/pemerintah-berkomitmen-membangun-kereta-cepat-jakarta-bandung
Likert, R. (1932). A Technique For The Measurement Of Attitudes. Archives of Psychology, 2-140.
Miro, F. (2004). In Perencanaan Transportasi: Untuk Mahasiswa, Perencana, dan Praktisi (p. 196). Erlangga.
Mustafidah, H., Imantoyo, A., & Suwarsito. (2020). Pengembangan Aplikasi Uji-t Satu Sampel Berbasis Web. JUITA : Jurnal Informatika; Vol. 8 No. 2, November 2020, 245- 251.
Nasrum, A. (2018). Uji Normalitas Data untuk Penelitian . Bali: Jayapangus Press.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
PT. Kereta Cepat Indonesia China. (2021). Overview KCJB Project Jakarta-Bandung High Speed Railway. Jakarta: KCIC.
Pujihastuti, I. (2010). PRINSIP PENULISAN KUESIONER PENELITIAN. CEFARS : Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah, Vol 2 No. 1 Desember 2010, 43-56.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, Vol. 7, No. 1, Maret 2020, 50-62.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 7 No.1, Januari 2018, 17-23.