ANALISIS PRESERVASI JALAN PADA RUAS JALAN BARONG TONGKOK-SENDAWAR (MENTIWAN) KABUPATEN KUTAI BARAT KALIMANTAN TIMUR

Main Article Content

Santi Yatnikasari
Muhammad Hadi Awalludin
Fitriyati Agustina
Ulwiyah Wahdah Mufassirin Liana
Vebrian Vebrian

Abstract

The role of roads in regulating traffic flow is crucial in human life. One road segment that plays an important role in facilitating the distribution of goods and services in Kutai Barat Regency, East Kalimantan, is the Barong Tongkok-Sendawar (Mentiwan) road section. This study aims to identify various types of damage that occur on that road section and find appropriate solutions to address the issues. The objective of road preservation and rehabilitation is to enhance the role and function of the road in regional development by connecting growth centers. This effort is carried out through improvements to the road network system, including routine road maintenance, minor road rehabilitation, and regular bridge maintenance. The data used in this research consist of primary data obtained through interviews and observations, and secondary data obtained from road preservation contract activities. The research findings on the Barong Tongkok-Sendawar (Mentiwan) road section indicate crack damage resembling crocodile skin, covering an area of 391.38 m² or 29.86%. The recommended solution for handling this issue is to dismantle and remove the wet parts caused by water seepage, and then apply an appropriate coating material.


Abstrak
Peran jalan dalam mengatur arus lalu lintas sangat vital dalam kehidupan manusia. Salah satu segmen jalan yang memiliki peran penting dalam memfasilitasi distribusi barang dan jasa di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, adalah ruas Jalan Barong Tongkok–Sendawar (Mentiwan). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai jenis kerusakan yang terjadi pada ruas jalan tersebut dan mencari solusi yang sesuai untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari preservasi rehabilitasi jalan adalah untuk meningkatkan peran dan fungsi jalan dalam pengembangan wilayah dengan menghubungkan pusat-pusat pertumbuhan wilayah. Upaya ini dilakukan melalui perbaikan sistem jaringan jalan, yang mencakup pemeliharaan rutin jalan, rehabilitasi minor jalan, serta pemeliharaan rutin jembatan. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa data primer dengan wawancara dan observasi, dan data sekunder berupa data kontrak kegiatan preservasi jalan. Hasil penelitian pada ruas jalan Barong Tongkok-Sendawar (Mentiwan) adalah kerusakan berupa retak kulit buaya dengan  luas 391,38 m² atau 29,86%, dengan solusi penanganan yaitu membongkar dan membuang bagian yang basah akibat air yang merembes, serta dilapisi dengan bahan yang sesuai.

Article Details

Section
Articles

References

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1983., Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat Nomor. 03/MN/B/1983 Tentang Manual Pemeliharaan Jalan.

Jadid, H. 2020. Analisis Kinerja Penyedia Jasa Pekerjaan Preservasi Jalan Skema Long Segment Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada Ruas Jalan Bulu – Tuban – Sadang. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Khaqiqi, A., Wulandari. 2019. Tingkat Pelaksanaaan Pekerjaan Kontruksi Preservasi Jalan Berbasis Kontrak Long Segment Pada Balai Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Surabaya. Narotama Jurnal Teknik Sipil. e-ISSN. Vol. 3. No. 2 Nov.

NS, Sutarno. 2008. Kamus Perpustakaan dan Informasi. Jakarta: Jala Permata.

Nurahmat, D. 2019. Kajian Sistem Kontrak Konvensional Dan Kontrak Long Segment Pada Pekerjaan Preservasi Jalan Nasional. Skripsi. Fakultas Teknik InstitutTeknologiNasionalBandung.

Pemerintah Republik Indonesia, 2011., Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 13 /PRT/M/2011 Tentang Tata Cara Pemeliharaan Jalan dan Penilikan Jalan.

Pemerintah Republik Indonesia, 2006., Peraturan Pemerintah Nomor 34, Tentang Jalan.

Pemerintah Republik Indonesia, 2015., Surat Edaran Direktur Jenderal Bina Marga Nomor 9/SE/Db, Tentang Pelaksanaan proses Pengadaan dan Pekerjaan Jalan Secara Long Segment.

Pemerintah Republik Indonesia, 2016., Surat Edaran Direktur Jenderal Bina Marga Nomor 07/SE/Db/2016, Tentang Perubahan Standar Dokumen Pengadaan dan Pekerjaan Preservasi Jalan Dengan Skema Long Segment.

Putro, E (2019) Analisis Preservasi Rehabilitasi Jalan Secara Long Segment Pada Ruas Jalan Batas Kab. Kuansing – Muara Lembu – Taluk Kuantan – Batas Provinsi Sumbar. Diploma thesis, Universitas Islam Riau.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfa Beta.

Widyantari, IGA. 2018. Analisis resiko Preservasi Jalan SP. Tohpati – Tampak Siring – Istana Presiden, Kabupaten Giannyar, Provinsi Bali. Jurnal Spektran. E-ISSN. Vol. 6, No. 1, Januari, Hal. 86-94.